Kamis, 09 November 2017

Timer pada Visual Basic

Listing


 

Logika



Pada program ini pertama-tama kita lakukan pendeklarasian variabel yang bernama M yang memiliki tipe data integer. Lalu pada Form_Load()-nya sebagai deklarasi awal program, program akan membuat Shape1, Shape2, serta Shape3 berwarna hitam serta nilai awal dari variabel M adalah 10. 




Pada Timer1_Timer() program ini berisikan sistem kerja dari lampu merah program ini. Pertama-tama nilai dari variabel M akan berkurang sebanyak satu poin setiap Timer1 ini berjalan, lalu masuk ke percabangan IF-ELSEIF. Pada IF yang pertama berisikan sistem kerja saat lampu berwarna merah. IF ini memiliki kondisi M > 4 dan M < 10 (ini menandakan bahwa interval waktu yang didapatkan saat lampu berwarna merah adalah 5 detik), jika kondisi terpenuhi maka Label1 akan terlihat, Shape1 akan berwarna merah, Shape2 dan Shape3 akan berwarna hitam, pada Label1 angka dimulai dari nilai variabel M (M=9) dikurang 4 poin (M jadi =5)terlebih dahulu lalu akan berkurang sampai dengan nol, Label2 akan tidak terlihat, serta Timer2 akan dinonaktifkan. Lalu pada ELSEIF yang kedua berisikan sistem kerja saat lampu berwarna hijau. ELSEIF ini memiliki kondisi M > 1 dan M < 5 (ini menandakan bahwa interval waktu yang didapatkan saat lampu berwarna merah adalah 3 detik), jika kondisi terpenuhi maka Label1 akan tidak terlihat, Shape3 akan berwarna hijau, Shape1 dan Shape2 akan berwarna hitam, pada Label2 angka dimulai dari nilai variabel M (M=4) dikurang 1 poin (M jadi =3)terlebih dahulu lalu akan berkurang sampai nol, Label2 akan terlihat, serta Timer2 akan diaktifkan. Lalu pada ELSEIF yang ketiga berisikan sistem kerja saat lampu berwarna kuning. ELSEIF ini memiliki kondisi M = 1, jika kondisi terpenuhi maka Label2 akan tidak terlihat, Shape2 akan berwarna kuning, Shape1 dan Shape3 akan berwarna hitam, pada Label1 angka akan tidak muncul apa-apa, serta Timer2 akan diaktifkan.


Pada Timer2_Timer() ini berisikan penggerak dari Label3 dan Label4. Di sini Label3 akan bergerak sampai dengan widthnya kurang dari 5000, Label3 ini akan bergerak per 200 width. Sedangkan untuk Label4 akan bergerak sampai dengan widthnya kurang dari 5000, Label3 ini akan bergerak per 250 width.




Pada button Command1_Click() ini beisikan pengaktifan terhadap Timer1 saja. Untuk menjalankan button Command1 diklik saja.
Pada button Command3_Click() ini beisikan penonaktifan terhadap Timer1 saja. Untuk menjalankan button Command3 diklik saja.
Pada button Command2_Click() ini berisikan penonaktifan Timer1 dan Timer2, Labe1 dan Label2 akan tidak terlihat, serta Shape1, Shape2, Shape3 akan berwarna hitam. Untuk menjalankan button Command2 diklik saja.

Output




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...