Kamis, 23 November 2017

FILE SEQUENTIAL COBOL

Listing
 
 
 
 Logika

Listing di atas merupakan struktur yang dibangun ketika membuat program pada bahasa COBOL, IDENTIFICATION DIVISION ini berguna untuk mengenalkan program, misalnya untuk mengenalkan suatu nama program. PROGRAM-ID. RELATIF ini berguna untuk pemberian identitas nama program yaitu RELATIF. ENVIRONMENT DIVISION ini berguna untuk menjelaskan bagaimana cara untuk mengatur agar program yang dibuat ini, dapat berjalan dan di operasikan. INPUT-OUTPUT SECTION ini berguna untuk mengatur output dari program dan input jika program memakai mode inputan.




Listing di atas ini adalah bagian dari FILE-CONTROL, berguna untuk mengontrol file di dalam program. File yang diinput diberi nama MHS dan disimpan di DISK. DATA DIVISION digunakan untuk menjelaskan tentang input data dan output yang digunakan.
 




Listing di atas ini adalah FILE SECTION. Pada listing di atas ini diatas ini dapat diketahui file-ID disimpan di directory D dan nama filenya JJ.txt. Recordnya bernama RECMHS. Didalam record terdapat data NPM, NAMA, dan KELAS.
 




Listing di atas ini adalah WORKING-STORAGE SECTION. Terdapat pendeklarasian variable. Pada WORKING-STORAGE SECTION ini terdapat table yang berisikan variable WS-NAMA, WS-NPM, WS-KELAS, NPM-CARI. TAMBAH-DATA di dalam ada variable LAGI bernilai Y atau y dan variable TDK bernilai T atau t. Variabel X bernilai 0 tipe data 9, STATUS-SALAH bertipe XX. PIL, PIL2, PIL3 bertipe data X. NO-REL bertipe data 9, CR-NPMX bertipe data X dan bernilai Y.
 



Listing di atas ini adalah SCREEN SECTION. BLANK SCREEN untuk menghapus layar saat program dijalankan. Lalu program masuk ke procedur MASUKAN yang berisi input NPM, lalu inputan NPM disimpan di dalam variabel NPM, inputan NAMA disimpan di dalam variabel NAMA, lalu inputan KELAS disimpan di dalam variabel KELAS. Pada procedur MENU di dalamnya terdapat perintah-perintah agar pengguna diminta untuk memasukkan pilihannya sesuai dengan keinginan, lalu inputan disimpan pada variabel pil. Procedur CARI-X di dalamnya pengguna diminta untuk memasukkan NPM yang ingin dicari oleh pengguna tersebut, NPM yang diinput disimpan di dalam variabel NPM-CARI.




Listing di atas ini adalah PROCEDURE DIVISION, di dalamnya terdapat procedur PROGRAM-UTAMA. Pada procedur PROGRAM-UTAMA ini terdapat deklarasi nilai awal X = 0 yang akan diproses hitung, lalu layar dihapus dan menampilkan tampilan MENU. Jika user menginput nilai 1 maka program akan ke BUKA, jika user menginput nilai 2 maka program akan ke TAMPIL, jika user menginput nilai 3 maka program akan ke CARI, danjika user menginput 4 maka program akan ke SELESAI.
 




Pada procedur BUKA, program akan membuka file MHS lalu akan ke procedur BUKA2. Pada procedur BUKA2 program akan menghapus layar lalu menampilkan tampilan MASUKAN dan member nilai awal NO-REL = NPM untuk diproses hitung, lalu program akan menulis di RECMHS. Pengguna diminta untuk memilih ‘apakah ingin menginput data,’ inputan disimpan pada TAMBAH-DATA jika LAGI maka program akan kembali ke BUKA2, jika TDK lalu program akan close dan pergi ke PROGRAM-UTAMA.
 




Pada procedur TAMPIL terdapat instruksi menghapus layar, display NAMA, NPM, dan KELAS, lalu program akan membuka file MHS untuk diinput dan member nilai awal variabel X = 1 lalu program akan ke procedur TAMPIL3. Procedur TAMPIL3 terdapat operasi aritmatika increment nilai variabel X, nilai baru X dijadikan nilai variabel LIN. Variable NAMA berubah menjadi WS-NAMA, NPM menjadi WS-NPM, KELAS menjadi WS-KELAS dan ketiga variabel tersebut ditampilkan. Lalu program pergi ke procedur TAMPIL3. Procedur TAMPIL4 terdapat perintah membaca inputan variable PIL lalu keluar dari file MHS dan kembali ke procedur PROGRAM-UTAMA.
 



Pada procedur CARI terdapat perintah mengganti variabel N menjadi CR-NPMX lalu menampilkan dan membaca inputan dari CARI-X dan membuka file MHS untuk diinput lalu program akan ke procedur CARI2. Pada procedur CARI2 variabel NAMA berubah menjadi WS-NAMA, NPM menjadi WS-NPM, KELAS menjadi WS-KELAS dan ketiga variabel tersebut ditampilkan. Jika NPM-CARI = WS-NPM maka program pergi ke KETEMU jika tidak sama maka program akan pergi ke procedur CARI2 lagi.




Pada KETEMU terdapat perintah hapus layar lalu menampilkan data yang telah diperiksa. Jika ingin mencari data lagi maka input Y, jika tidak ingin maka input T lalu program akan pergi ke procedur CARI. Jika sudah selesai maka program akan pergi ke procedur PROGRAM-UTAMA.
 



Pada procedur CARI3 layar dihapus, lalu user diminta untuk memasukkan X / x agar kembali ke menu utama dan keluar dari MHS. Jika tidak menginput X / x maka program akan ke procedur CARI. Pada procedur SELESAI, layar dihapus lalu muncul tulisan ‘Good Bye…….’. Lalu keluar dari MHS, dan akhirnya program dihentikan kinerjanya.

Output

 Pilihan 2

Pilihan 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...