Listing
Logika
Listing di atas merupakan struktur yang dibangun ketika membuat program pada bahasa COBOL, IDENTIFICATION
DIVISION ini berguna untuk mengenalkan program, misalnya untuk mengenalkan suatu nama program. PROGRAM-ID. RELATIF ini berguna untuk pemberian identitas nama program yaitu
RELATIF.
ENVIRONMENT DIVISION ini
berguna untuk menjelaskan bagaimana cara untuk mengatur agar program yang dibuat ini, dapat berjalan dan di operasikan. INPUT-OUTPUT SECTION ini berguna untuk mengatur output dari program dan input
jika program memakai mode inputan.
Listing di atas ini adalah bagian dari FILE-CONTROL, berguna untuk mengontrol file di dalam program. File yang diinput diberi nama MHS dan disimpan
di DISK. DATA
DIVISION digunakan untuk menjelaskan tentang input data dan output
yang digunakan.
Listing di atas ini adalah FILE SECTION. Pada listing di atas ini diatas ini dapat diketahui file-ID disimpan di directory
D dan nama filenya JJ.txt. Recordnya bernama RECMHS.
Didalam record terdapat data NPM, NAMA, dan KELAS.
Listing di atas ini adalah WORKING-STORAGE SECTION. Terdapat pendeklarasian
variable. Pada WORKING-STORAGE
SECTION ini terdapat table yang berisikan
variable WS-NAMA, WS-NPM, WS-KELAS, NPM-CARI. TAMBAH-DATA di dalam ada variable
LAGI bernilai Y atau y dan variable TDK bernilai T atau t. Variabel X bernilai
0 tipe data 9, STATUS-SALAH
bertipe XX. PIL, PIL2, PIL3 bertipe data
X. NO-REL bertipe data
9, CR-NPMX bertipe data
X dan bernilai Y.
Listing di atas
ini adalah
SCREEN SECTION. BLANK
SCREEN untuk menghapus layar saat program dijalankan. Lalu program masuk ke procedur MASUKAN yang berisi input NPM, lalu inputan NPM disimpan di dalam variabel NPM, inputan NAMA disimpan di dalam variabel NAMA, lalu inputan KELAS disimpan di dalam variabel KELAS. Pada procedur MENU di dalamnya terdapat perintah-perintah
agar pengguna diminta untuk memasukkan pilihannya sesuai dengan keinginan, lalu inputan disimpan pada variabel pil. Procedur CARI-X di dalamnya pengguna diminta untuk memasukkan NPM yang ingin dicari oleh pengguna tersebut, NPM yang diinput disimpan di dalam variabel NPM-CARI.
Listing di atas
ini adalah PROCEDURE
DIVISION, di dalamnya
terdapat procedur PROGRAM-UTAMA. Pada procedur PROGRAM-UTAMA ini terdapat deklarasi nilai awal X = 0 yang akan diproses hitung, lalu layar dihapus dan menampilkan tampilan MENU. Jika user menginput nilai 1 maka program akan ke BUKA, jika user menginput nilai 2 maka program akan ke TAMPIL, jika user menginput nilai 3 maka program akan ke CARI, danjika user menginput 4
maka program akan ke
SELESAI.
Pada procedur BUKA, program akan membuka file MHS lalu akan ke procedur BUKA2. Pada procedur BUKA2 program akan menghapus layar lalu menampilkan tampilan MASUKAN dan member nilai awal
NO-REL = NPM untuk diproses hitung, lalu program akan menulis di RECMHS. Pengguna diminta untuk memilih ‘apakah ingin menginput data,’ inputan disimpan pada TAMBAH-DATA jika LAGI maka program
akan kembali ke BUKA2, jika TDK lalu program akan close dan pergi ke PROGRAM-UTAMA.
Pada procedur TAMPIL terdapat instruksi menghapus layar,
display NAMA, NPM, dan KELAS, lalu program akan membuka file MHS untuk diinput dan member nilai awal variabel
X = 1 lalu program akan ke procedur TAMPIL3. Procedur TAMPIL3 terdapat operasi aritmatika
increment nilai variabel X, nilai baru X dijadikan nilai variabel LIN. Variable NAMA berubah menjadi WS-NAMA, NPM menjadi WS-NPM,
KELAS menjadi WS-KELAS dan ketiga
variabel
tersebut ditampilkan. Lalu
program pergi ke procedur TAMPIL3. Procedur TAMPIL4 terdapat perintah membaca inputan
variable PIL lalu
keluar dari file MHS
dan kembali ke
procedur PROGRAM-UTAMA.
Pada procedur CARI terdapat perintah mengganti variabel
N menjadi CR-NPMX lalu menampilkan dan membaca inputan dari CARI-X dan membuka
file MHS untuk diinput lalu program akan ke procedur CARI2. Pada procedur CARI2 variabel NAMA berubah menjadi WS-NAMA, NPM menjadi WS-NPM,
KELAS menjadi WS-KELAS dan ketiga
variabel
tersebut ditampilkan. Jika NPM-CARI = WS-NPM maka program
pergi ke KETEMU jika tidak sama maka
program akan pergi ke procedur CARI2 lagi.
Pada KETEMU terdapat perintah hapus layar lalu menampilkan data yang telah diperiksa. Jika ingin mencari data lagi maka input Y, jika tidak ingin maka
input T lalu program akan pergi ke procedur CARI. Jika sudah selesai maka
program akan pergi ke procedur PROGRAM-UTAMA.
Pada procedur CARI3 layar dihapus, lalu user diminta untuk memasukkan
X / x agar kembali ke
menu utama dan keluar dari MHS. Jika tidak menginput X / x maka program akan ke procedur CARI. Pada procedur SELESAI, layar dihapus lalu muncul tulisan ‘Good Bye…….’. Lalu keluar
dari MHS, dan
akhirnya program dihentikan kinerjanya.
Output
Pilihan 2
Pilihan 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar