Kamis, 23 November 2017

Seleksi kondisi dan perulangan pada bahasa C

Listing


Logika



#include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk program ini, berguna untuk menjalankan perintah input dan output yang ada pada program ini seperti printf atau scanf. #include <conio.h> adalah penyisipan file header yang berguna untuk membuat teks antarmuka pengguna seperti clrscr atau getch. Void main merupakan method utama dari program ini, jiga tidak ada void main maka program tidak akan berjalan. Pendeklarasian variabel tinggi, i, j, e, k, l yang bertipe data integer.
 




clrscr() pada program akan melakukan pembersihan layar saat program pertama kali dijalankan. Lalu program akan meminta inputan kepada pengguna untuk memasukkan berapa tinggi dari segitiga atap rumah, lalu nilai yang diinput akan disimpan pada variabel tinggi.
 




Listing di atas ini merupakan listing untuk pembuatan atap dari rumah. Variabel e diberi nilai awal yaitu 1. for(i=tinggi;i>=1;i--) atau for variabel i ini memiliki syarat bahwa nilai variabel i sama dengan nilai variabel tinggi, lalu nilai i lebih besar sama dengan 1, lalu nilai i mengalami decrement. For i berguna untuk membentuk ketinggian dari atap rumah tersebut. Sleep(1) berguna untuk membuat interval terhadap pencetakan output, besarannya yaitu 1 detik. for(j=1;j<=i;j++) atau for j ini memiliki syarat bahwa nilai variabel j bernilai awal 1, lalu nilai j lebih kecil sama dengan nilai variabel i, lalu nilai j mengalami increment. [printf(" ")] For j berguna untuk mencetak spasi kosong yang bentuknya  segitiga siku-siku terbalik. for(k=1;k<=e;k++) atau for k ini memiliki syarat bahwa nilai variabel k bernilai awal 1, lalu nilai k lebih kecil sama dengan nilai variabel e, lalu nilai k mengalami increment. [printf("*")] For k berguna untuk mencetak bintang yang membentuk atap segitiga sama sisi. for(l=1;l<=tinggi*2;l++) atau for l ini memiliki syarat bahwa nilai variabel l bernilai awal 1, lalu nilai l lebih kecil sama dengan nilai variabel tinggi dikali 2, lalu nilai l mengalami increment. [printf("\\_")] For l berguna untuk mencetak \_ yang membentuk atap memanjang. Nilai variabel e mengalami penambahan 2 poin disetiap perulangannya. printf("\n") ini berguna untuk mencetak hasil output secara ke bawah.
 




for(i=tinggi;i>=1;i--) atau for variabel i ini memiliki syarat bahwa nilai variabel i sama dengan nilai variabel tinggi, lalu nilai i lebih besar sama dengan 1, lalu nilai i mengalami decrement. For i berguna untuk membentuk ketinggian dari tembok rumah tersebut. Sleep(1) berguna untuk membuat interval terhadap pencetakan output, besarannya yaitu 1 detik. for(k=1;k<=e;k++) atau for k ini memiliki syarat bahwa nilai variabel k bernilai awal 1, lalu nilai k lebih kecil sama dengan nilai variabel e, lalu nilai k mengalami increment. [printf("#")] For k berguna untuk mencetak pagar yang membentuk tembok di bawah atap segitiga. for(l=1;l<=tinggi*2;l++) atau for l ini memiliki syarat bahwa nilai variabel l bernilai awal 1, lalu nilai l lebih kecil sama dengan nilai variabel tinggi dikali 2, lalu nilai l mengalami increment. [printf("==")] For l berguna untuk mencetak == yang membentuk tembok di bawah atap memanjang. printf("\n") ini berguna untuk mencetak hasil output secara ke bawah. getch() ini akan membuat program terhenti apabila pengguna menekan tombol apapun terlebih dahulu.
 
Output
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...