Kamis, 23 November 2017

Membuat program rumah dengan inputan menggunakan Cobol

 Listing


 Logika

Program ini teridentifikasi memiliki nama RUMAH. Pada WORKING-STORAGE SECTION terdapat beberapa variabel yang memiliki fungsi penting pada program ini. Yang pertama ada variabel TINGGI yang merupakan variabel numerik yang memiliki digit 2(99). Lalu yang kedua ada variabel PARA1 yang merupakan variabel numerik yang memiliki digit 2(99). Lalu yang ketiga ada variabel PARA2 yang merupakan variabel numerik yang memiliki digit 2(99). Lalu yang keempat ada variabel PARA3 yang merupakan variabel numerik yang memiliki digit 2(99).





Pada procedur MULAI terdapat COMPUTE PARA2 = 1 yang berarti nilai dari variabel PARA2 bernilai 1. Lalu ada perintah untuk memasukkan nilai variabel TINGGI, apabila nilai telah diinput oleh pengguna maka nilai tersebut tersimpan pada variabel TINGGI. Lalu ada COMPUTE PARA1 = TINGGI yang berarti nilai dari variabel PARA1 sama dengan nilai dari variabel TINGGI. Lalu ada COMPUTE PARA3 = TINGGI * 2 yang berarti nilai dari variabel PARA3 sama dengan setiap nilai dari variabel TINGGI akan dikalikan 2.
Pada procedur MULAI2 terdapat IF PARA1 NOT< 1 GO TO ULANG yang berarti jika setiap nilai dari variabel PARA1 tidak lebik kecil dari 1 maka program akan menjalankan procedur ULANG.
Pada procedur DEF terdapat COMPUTE PARA1 = TINGGI yang berarti nilai dari variabel PARA1 sama dengan nilai dari variabel TINGGI.
Pada procedur MULAI3 terdapat IF PARA1 NOT< 1 GO TO ULANG2 yang berarti jika setiap nilai dari variabel PARA1 tidak lebik kecil dari 1 maka program akan menjalankan procedur ULANG2. Lalu setelah syarat tersebut tidak terpenuhi, maka program akan menghentikan program kerjanya (STOP RUN).
 




Procedur ULANG2 ini berguna untuk mencetak rumah bagian temboknya. Terdapat PERFORM PAGER PARA2 TIMES yang artinya procedur PAGER melakukan perulangan sebanyak nilai dari variabel PARA2. Lalu terdapat PERFORM SAMADENGAN PARA3 TIMES yang artinya procedur SAMADENGAN melakukan perulangan sebanyak nilai dari PARA3. Lalu ada DISPLAY SPACE yang berguna untuk melakukan pencetakan secara ke bawah. Lalu terdapat COMPUTE PARA1 = PARA1 – 1 yang artinya nilai variabel PARA1 yang baru merupakan pengurangan 1 poin dari nilai variabel PARA1 sebelumnya. Lalu terdapat GO TO MULAI3 yang artinya setelah menjalankan semua perintah di atas ini maka program akan menjalankan kembali procedur MULAI3.
 


Procedur ULANG ini berguna untuk mencetak rumah bagian atapnya. Terdapat PERFORM SPASI PARA1 TIMES yang artinya procedur SPASI melakukan perulangan sebanyak nilai dari variabel PARA1. Lalu terdapat PERFORM BINTANG PARA2 TIMES yang artinya procedur BINTANG melakukan perulangan sebanyak nilai dari variabel PARA2. Lalu terdapat PERFORM GENTENG PARA3 TIMES yang artinya procedur GENTENG melakukan perulangan sebanyak nilai dari variabel PARA3.Lalu ada DISPLAY SPACE yang berguna untuk melakukan pencetakan secara ke bawah. Lalu terdapat COMPUTE PARA2 = PARA2 + 2 yang artinya nilai variabel PARA2 yang baru merupakan penambahan 2 poin dari nilai variabel PARA2 sebelumnya. Lalu terdapat COMPUTE PARA1 = PARA1 – 1 yang artinya nilai variabel PARA1 yang baru merupakan pengurangan 1 poin dari nilai variabel PARA1 sebelumnya. Lalu terdapat GO TO MULAI2 yang artinya setelah menjalankan semua perintah di atas ini maka program akan menjalankan kembali procedur MULAI2.




Procedur SPASI ini berguna untuk mencetak spasi kosong. DISPLAY (, ) ' ' ini artinya program akan mencetak spasi kosong secara menyamping(kalo DISPLAY tanpa (, ) akan mencetaknya secara ke bawah).
Procedur GENTENG ini berguna untuk mencetak \_. DISPLAY (, ) '\_' ini artinya program akan mencetak \_ secara menyamping(kalo DISPLAY tanpa (, ) akan mencetaknya secara ke bawah).
Procedur BINTANG ini berguna untuk mencetak tanda bintang(*). DISPLAY (, ) '*' ini artinya program akan mencetak tanda bintang(*) secara menyamping(kalo DISPLAY tanpa (, ) akan mencetaknya secara ke bawah).
Procedur PAGER ini berguna untuk mencetak tanda pagar(#). DISPLAY (, ) '#' ini artinya program akan mencetak tanda pagar(#) secara menyamping(kalo DISPLAY tanpa (, ) akan mencetaknya secara ke bawah).
Procedur SAMADENGAN ini berguna untuk mencetak tanda dua sama dengan(==). DISPLAY (, ) '==' ini artinya program akan mencetak tanda dua sama dengan(==) secara menyamping(kalo DISPLAY tanpa (, ) akan mencetaknya secara ke bawah).

Output

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...