Listing
Program ini
teridentifikasi memiliki nama RUMAH. Pada WORKING-STORAGE SECTION terdapat
beberapa variabel yang memiliki fungsi penting pada program ini. Yang pertama
ada variabel TINGGI yang merupakan variabel numerik yang memiliki digit 2(99).
Lalu yang kedua ada variabel PARA1 yang merupakan variabel numerik yang
memiliki digit 2(99). Lalu yang ketiga ada variabel PARA2 yang merupakan
variabel numerik yang memiliki digit 2(99). Lalu yang keempat ada variabel
PARA3 yang merupakan variabel numerik yang memiliki digit 2(99).
Pada procedur MULAI
terdapat COMPUTE PARA2 = 1
yang berarti nilai dari variabel PARA2 bernilai 1. Lalu ada perintah untuk
memasukkan nilai variabel TINGGI, apabila nilai telah diinput oleh pengguna
maka nilai tersebut tersimpan pada variabel TINGGI. Lalu ada COMPUTE PARA1 = TINGGI yang
berarti nilai dari variabel PARA1 sama dengan nilai dari variabel TINGGI. Lalu
ada COMPUTE PARA3 = TINGGI * 2 yang
berarti nilai dari variabel PARA3 sama dengan setiap nilai dari variabel TINGGI
akan dikalikan 2.
Pada procedur
MULAI2 terdapat IF PARA1 NOT< 1 GO
TO ULANG yang berarti jika setiap nilai dari variabel PARA1 tidak lebik
kecil dari 1 maka program akan menjalankan procedur ULANG.
Pada procedur DEF
terdapat COMPUTE PARA1 = TINGGI yang
berarti nilai dari variabel PARA1 sama dengan nilai dari variabel TINGGI.
Pada procedur MULAI3
terdapat IF PARA1 NOT< 1 GO TO
ULANG2 yang berarti jika setiap nilai dari variabel PARA1 tidak lebik
kecil dari 1 maka program akan menjalankan procedur ULANG2. Lalu setelah syarat
tersebut tidak terpenuhi, maka program akan menghentikan program kerjanya (STOP
RUN).
Procedur ULANG2 ini
berguna untuk mencetak rumah bagian temboknya. Terdapat PERFORM PAGER PARA2 TIMES yang artinya procedur PAGER
melakukan perulangan sebanyak nilai dari variabel PARA2. Lalu terdapat PERFORM SAMADENGAN PARA3 TIMES yang
artinya procedur SAMADENGAN melakukan perulangan sebanyak nilai dari PARA3.
Lalu ada DISPLAY SPACE yang
berguna untuk melakukan pencetakan secara ke bawah. Lalu terdapat COMPUTE PARA1 = PARA1 – 1 yang
artinya nilai variabel PARA1 yang baru merupakan pengurangan 1 poin dari nilai
variabel PARA1 sebelumnya. Lalu terdapat GO
TO MULAI3 yang artinya setelah menjalankan semua perintah di atas ini
maka program akan menjalankan kembali procedur MULAI3.
Procedur ULANG ini berguna untuk mencetak rumah bagian atapnya. Terdapat PERFORM SPASI PARA1 TIMES yang artinya procedur SPASI melakukan perulangan sebanyak nilai dari variabel PARA1. Lalu terdapat PERFORM BINTANG PARA2 TIMES yang artinya procedur BINTANG melakukan perulangan sebanyak nilai dari variabel PARA2. Lalu terdapat PERFORM GENTENG PARA3 TIMES yang artinya procedur GENTENG melakukan perulangan sebanyak nilai dari variabel PARA3.Lalu ada DISPLAY SPACE yang berguna untuk melakukan pencetakan secara ke bawah. Lalu terdapat COMPUTE PARA2 = PARA2 + 2 yang artinya nilai variabel PARA2 yang baru merupakan penambahan 2 poin dari nilai variabel PARA2 sebelumnya. Lalu terdapat COMPUTE PARA1 = PARA1 – 1 yang artinya nilai variabel PARA1 yang baru merupakan pengurangan 1 poin dari nilai variabel PARA1 sebelumnya. Lalu terdapat GO TO MULAI2 yang artinya setelah menjalankan semua perintah di atas ini maka program akan menjalankan kembali procedur MULAI2.
Procedur SPASI ini
berguna untuk mencetak spasi kosong. DISPLAY
(, ) ' ' ini artinya program akan mencetak spasi kosong secara
menyamping(kalo DISPLAY tanpa (, ) akan mencetaknya secara ke bawah).
Procedur GENTENG
ini berguna untuk mencetak \_. DISPLAY
(, ) '\_' ini artinya program akan mencetak \_ secara menyamping(kalo
DISPLAY tanpa (, ) akan mencetaknya secara ke bawah).
Procedur BINTANG
ini berguna untuk mencetak tanda bintang(*). DISPLAY (, ) '*' ini artinya program akan mencetak tanda
bintang(*) secara menyamping(kalo DISPLAY tanpa (, ) akan mencetaknya secara ke
bawah).
Procedur PAGER ini
berguna untuk mencetak tanda pagar(#). DISPLAY
(, ) '#' ini artinya program akan mencetak tanda pagar(#) secara
menyamping(kalo DISPLAY tanpa (, ) akan mencetaknya secara ke bawah).
Procedur SAMADENGAN
ini berguna untuk mencetak tanda dua sama dengan(==). DISPLAY (, ) '==' ini artinya program akan mencetak tanda
dua sama dengan(==) secara menyamping(kalo DISPLAY tanpa (, ) akan mencetaknya
secara ke bawah).
Output
Tidak ada komentar:
Posting Komentar