Rabu, 01 November 2017

Program menghitung luas dan keliling lingkaran dengan Delphi

Listing



Logika

Dalam pembuatan program delphi, pertama-tama kita mengisi terlebih dahulu form-nya, yaitu menyusun penempatan-penempatan komponen yang diinginkan oleh programer, seperti label, edit, button dan yang lainnya. Lalu setelah komponen-komponen di tempatkan sesuai pada tempatnya, kita akan memberikan nama untuk masing-masing komponen tersebut. Selain nama kita juga memberikan nama untuk captionnya.



Setelah selesai penyusunan isi form-nya, kita akan lanjut ke pembuatan kodingannya di kode editor. Pertama kita buat terlebih dahulu beberapa variabel yang dibutuhkan pada program ini, contoh: variabel r dengan tipe data integer; luas dan keliling dengan tipe data real. Pada program di atas dibutuhkan suatu konstanta yang bernilai tetap. Deklarasikan dengan kata const, lalu masukkan nama konstanta beserta nilainya, contoh: pi=3.14.




Kita masukkan kodingan perhitungan luas dan keliling lingkaran pada tombol hitung. r:=strtoint(form1.Edit1.Text); ini adalah variabel r berisi mengkonversi inputan di Edit1.Text yang bertipe data string menjadi bertipe data integer, jika tidak dikonversi ke integer angka yang diinput tidak dapat dihitung. luas:=pi*r*r; ini adalah variabel luas berisi rumus menghitung luas lingkaran yaitu konstanta pi dikalikan dengan variabel r dan dikalikan lagi dengan variabel r. Edit2.Text:=floattostr(luas); ini adalah Edit2.Text yang berisi mengkonversi variabel luas yang bertipe data float menjadi tipe data string agar angka pada variabel luas dapat dimunculkan pada Edit2.Text, jika tidak dikonversi angkanya tidak akan muncul. keliling:=2*pi*r; ini adalah variabel keliling berisi rumus menghitung keliling lingkaran yaitu 2 dikalikan dengan konstanta pi dan dikalikan lagi dengan variabel r. Edit3.Text:=floattostr(keliling); Edit3.Text yang berisi mengkonversi variabel keliling yang bertipe data float menjadi tipe data string agar angka pada variabel keliling dapat dimunculkan pada Edit3.Text, jika tidak dikonversi angkanya tidak akan muncul. application.MessageBox('Proses berhasil','Informasi',mb_ok or mb_iconexclamation); ini berguna untuk memunculkan sebuah text, seperti ini 



Pada tombol clear terdapat kodingan yang berguna untuk menghapus semua angka yang telah dinput(Edit1.Text) dan angka yang telah dihitung (Edit2.Text; Edit3.Text). Edit1.SetFocus; ini artinya adalah untuk memfokuskan atau mengarahkan kursor ke Edit1 pada awalan program berjalan.


Pada tombol close hanya ada kodingan application.terminate yang berguna untuk menutup program yang berjalan.

Output



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...