Listing
Logika
Dalam pembuatan
program delphi, pertama-tama kita mengisi terlebih dahulu form-nya, yaitu menyusun
penempatan-penempatan komponen yang diinginkan oleh programer, seperti label,
edit, button dan yang lainnya. Lalu setelah komponen-komponen di tempatkan
sesuai pada tempatnya, kita akan memberikan nama untuk masing-masing komponen
tersebut. Selain nama kita juga memberikan nama untuk captionnya.
Setelah selesai
penyusunan isi form-nya, kita akan lanjut ke pembuatan kodingannya di kode
editor. Pertama kita buat terlebih dahulu beberapa variabel yang dibutuhkan
pada program ini, contoh: variabel r dengan tipe data integer; luas dan
keliling dengan tipe data real. Pada program di atas dibutuhkan suatu konstanta
yang bernilai tetap. Deklarasikan dengan kata const, lalu masukkan nama
konstanta beserta nilainya, contoh: pi=3.14.
Kita masukkan
kodingan perhitungan luas dan keliling lingkaran pada tombol hitung. r:=strtoint(form1.Edit1.Text);
ini adalah variabel r berisi mengkonversi inputan di Edit1.Text yang bertipe
data string menjadi bertipe data integer, jika tidak dikonversi ke integer
angka yang diinput tidak dapat dihitung. luas:=pi*r*r; ini adalah variabel luas
berisi rumus menghitung luas lingkaran yaitu konstanta pi dikalikan dengan
variabel r dan dikalikan lagi dengan variabel r. Edit2.Text:=floattostr(luas);
ini adalah Edit2.Text yang berisi mengkonversi variabel luas yang bertipe data
float menjadi tipe data string agar angka pada variabel luas dapat dimunculkan
pada Edit2.Text, jika tidak dikonversi angkanya tidak akan muncul. keliling:=2*pi*r;
ini adalah variabel keliling berisi rumus menghitung keliling lingkaran yaitu 2
dikalikan dengan konstanta pi dan dikalikan lagi dengan variabel r. Edit3.Text:=floattostr(keliling);
Edit3.Text yang berisi mengkonversi variabel keliling yang bertipe data float
menjadi tipe data string agar angka pada variabel keliling dapat dimunculkan
pada Edit3.Text, jika tidak dikonversi angkanya tidak akan muncul. application.MessageBox('Proses
berhasil','Informasi',mb_ok or mb_iconexclamation); ini berguna untuk
memunculkan sebuah text, seperti ini
Pada tombol clear
terdapat kodingan yang berguna untuk menghapus semua angka yang telah
dinput(Edit1.Text) dan angka yang telah dihitung (Edit2.Text; Edit3.Text). Edit1.SetFocus;
ini artinya adalah untuk memfokuskan atau mengarahkan kursor ke Edit1 pada
awalan program berjalan.
Pada tombol close
hanya ada kodingan application.terminate yang berguna untuk menutup program
yang berjalan.
Output
Tidak ada komentar:
Posting Komentar