Rabu, 15 November 2017

Program membuat rumah dengan Ruby

Listing


Logika


Pada program ini pertama-tama kita deklarasikan variabel nilai sebagai variabel inputan untuk menentukan besarnya rumah yang akan dibuat. Variabel nilai memiliki perintah inputan bertipe data integer (gets.to_i). Lalu variabel nilai2 memiliki nilai yang sama dengan variabel nilai.


Untuk perulangan yang di atas ini berfungsi untuk membentuk atap rumah yang akan dibuat. Untuk {for a in 1..nilai} ini berfungsi sebagai patokan perulangan yang akan mengulang dari 1 sampai dengan nilai yang di variabel nilai, hasilnya akan membuat perulangan yang di bawahnya menjadi tercetak secara ke bawah {puts}. Untuk { for b in 1..nilai2 } ini berfungsi sebagai pencetak “ “ yang mengulang dari 1 sampai dengan nilai di variabel nilai2, hasilnya akan berbentuk segitiga siku-siku terbalik. Untuk {  for c in 1..a } ini berfungsi sebagai pencetak "^ " yang mengulang dari 1 sampai dengan nilai di a, hasilnya akan berbentuk segitiga sama sisi. Untuk { for d in 1..nilai } ini berfungsi sebagai pencetak "\\_\\" yang akan mengulang dari 1 sampai dengan nilai yang di variabel nilai.



Pada listing di atas variabel nilai3 memiliki nilai dari nilai variabel nilai dikurangi 2. Untuk { for d in 1..nilai3 } ini berpengaruh terhadap kodingan yang selanjutnya, for d ini akan mengulang dari 1 sampai dengan nilai yang ada pada nilai3, lalu for d ini akan mencetak “ “. Di if d == 1 ini memiliki kondisi yang berpatokan dari for d, jika for d bernilai 1 maka terjadi perulangan for a yang akan mencetak “* “ sebanyak dai 1 sampai dengan nilai yang di variabel nilai. Pada elsifnya berkondisikan for d = nilai variabel nilai3, lalu terjadi perulangan for b yang akan mencetak “m “ sebanyak dai 1 sampai dengan nilai yang di variabel nilai. Pada else-nya berisikan for e yang mengulang dari 1 sampai dengan nilai di variabel nilai. Di dalam for e ini akan menjalankan if yang berkondisi jika for e ini bernilai 1 atau bernilai pada variabel nilai maka akan mencetak “* “, selain dari nilai 1 atau nilai di variabel nilai maka program akan mencetak “  “. Lalu for a akan mengulang 1 sampai nilai dan akan mencetak "|#{a}|".

Output


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...