Kamis, 23 November 2017

Program operasi hitung dengan bahasa C

Listing


 Logika



#include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk program ini, berguna untuk menjalankan perintah input dan output yang ada pada program ini seperti printf atau scanf. #include <conio.h> adalah penyisipan file header yang berguna untuk membuat teks antarmuka pengguna seperti clrscr atau getch. #include <math.h> adalah penyisipan file header yang berguna untuk menjalankan fungsi matematika pada program ini, seperti pangkat atau akar.
 




Program utama pada program ini adalah void main(). Variabel bil1 dan bil2 bertipe data floating point, dua variabel ini berguna sebagai variabel inputan dari pengguna dalam program ini. clrscr() program akan melakukan pembersihan layar saat program pertama kali dijalankan. Lalu program akan meminta inputan kepada pengguna untuk bilangan yang pertama, inputan tersebut akan disimpan ke dalam variabel bil1. Selanjutnya program akan meminta inputan kembali kepada pengguna untuk bilangan yang kedua, inputan tersebut akan disimpan ke dalam variabel bil2.
 




%.0f menandakan bahwa pencetakan nilai tipe data floating point tidak memiliki angka di belakang koma. Penempatan bil1 di depan bil2 menunjukan bahwa bil1 akan dicetak terlebih dahulu, apabila penempatannya di tukar maka bil2-lah yang akan di cetak terlebih dahulu. Bil1+bil2 menunujukan operasi pertambahan terhadap dua variabel tersebut. Bil1-bil2 menunujukan operasi pengurangan terhadap dua variabel tersebut. Bil1*bil2 menunujukan operasi perkalian terhadap dua variabel tersebut.
 




%.2f menandakan bahwa pencetakan nilai tipe data floating point memiliki 2 angka di belakang koma. Bil1/bil2 menunujukan operasi pembagian terhadap dua variabel tersebut.
 




%i pemanggilan kembali variabel bertipe data integer. (int)bil1 artinya adalah variabel bil1 pada awalnya adalah bertipe data float dirubah tipe datanya menjadi integer, begitu pula dengan yang terjadi pada variabel bil2 ((int)bil2). (int)bil1 % (int)bil2 menunujukan operasi modulo (sisa bagi) terhadap dua variabel tersebut.
 




pow(bil1,bil2) menunujukan operasi matematika pangkat terhadap dua variabel tersebut, bil1 bertindak sebagai variabel yang dipangkatkan, lalu bil2 bertindak sebagai variabel pangkatnya.
sqrt(bil1) menunujukan operasi matematika akar terhadap satu variabel tersebut, bil1 bertindak sebagai variabel yang diakarkan nilainya.
sqrt(bil2) menunujukan operasi matematika akar terhadap satu variabel tersebut, bil2 bertindak sebagai variabel yang diakarkan nilainya.

Output
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...