Rabu, 15 November 2017

Program Menu Perhitungan pada Ruby

Listing



Logika


Pada awal program ini kita harus mendeklarasikan nilai awal dari variabel pil bernilai nol, ini gunanya untuk menentukan program utama(main program). Lalu ada kodingan while pil!=5, ini menandakan bahwa perulangan while akan berhenti jika variabel pil bernilai 5, jika bukan 5 maka program akan berjalan atau mengulang terus. Lalu kita cetak menu dengan kreasi semenarik mungkin dan juga memudahkan pengguna untuk memilih pilihan yang diinginkannya. Lalu ada pil=gets.to_i, ini adalah perintah untuk inputan yang bertipe data angka (gets.to_i), lalu variabelnya bernama pil.


Masuk ke pilihan menu yang pertama yaitu penjumlahan. Di sini program akan menjalankan proses penjumlahan jika user menginput angka 1 pada masukkan pilihan, ini berarti variabel pil bernilai 1 maka program akan masuk ke penjumlahan. Di penjumlahan ini ada perintah inputan bertipe data angka (gets.to_i) yang memiliki nama variabel A dan B. Variabel C adalah variabel hasil dari penjumlahan nilai variabel A dan B. Lalu jika ingin memanggil variabel C-nya maka berikan #{C} pada pencetakan.


Masuk ke pilihan menu yang pertama yaitu pengurangan. Di sini program akan menjalankan proses pengurangan jika user menginput angka 2 pada masukkan pilihan, ini berarti variabel pil bernilai 2 maka program akan masuk ke pengurangan. Di pengurangan ini ada perintah inputan bertipe data angka (gets.to_i) yang memiliki nama variabel D dan E. Variabel F adalah variabel hasil dari pengurangan nilai variabel D dan E. Lalu jika ingin memanggil variabel F-nya maka berikan #{F} pada pencetakan.


Masuk ke pilihan menu yang pertama yaitu perkalian. Di sini program akan menjalankan proses perkalian jika user menginput angka 3 pada masukkan pilihan, ini berarti variabel pil bernilai 3 maka program akan masuk ke perkalian. Di perkalian ini ada perintah inputan bertipe data angka (gets.to_i) yang memiliki nama variabel M dan N. Variabel K adalah variabel hasil dari perkalian nilai variabel M dan N. Lalu jika ingin memanggil variabel K-nya maka berikan #{K} pada pencetakan.


Masuk ke pilihan menu yang pertama yaitu pembagian. Di sini program akan menjalankan proses pembagian jika user menginput angka 4 pada masukkan pilihan, ini berarti variabel pil bernilai 4 maka program akan masuk ke pembagian. Di pembagian ini ada perintah inputan bertipe data angka (gets.to_i) yang memiliki nama variabel G dan H. Variabel I adalah variabel hasil dari pembagian nilai variabel G dan H. Lalu jika ingin memanggil variabel I-nya maka berikan #{I} pada pencetakan.


Pilihan yang terakhir adalah pilihan Exit atau keluar dari program, maka pada masukkan pilihan masukkan angka 5, maka demikian proses perulangan while berhenti dan program akan berhenti. Lalu untuk else-nya itu untuk inputan yang salah. Apabila user menginput selain dari 1 s/d 5 maka program akan memberi peringatan inputan salah dan akan kembali melooping ke menu awal.

Output


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...