Listing
Logika
Pada awal program
ini kita harus mendeklarasikan nilai awal dari variabel pil bernilai nol, ini
gunanya untuk menentukan program utama(main program). Lalu ada kodingan while
pil!=5, ini menandakan bahwa perulangan while akan berhenti jika variabel pil
bernilai 5, jika bukan 5 maka program akan berjalan atau mengulang terus. Lalu
kita cetak menu dengan kreasi semenarik mungkin dan juga memudahkan pengguna
untuk memilih pilihan yang diinginkannya. Lalu ada pil=gets.to_i, ini adalah
perintah untuk inputan yang bertipe data angka (gets.to_i), lalu variabelnya
bernama pil.
Masuk ke pilihan
menu yang pertama yaitu penjumlahan. Di sini program akan menjalankan proses
penjumlahan jika user menginput angka 1 pada masukkan pilihan, ini berarti variabel
pil bernilai 1 maka program akan masuk ke penjumlahan. Di penjumlahan ini ada
perintah inputan bertipe data angka (gets.to_i) yang memiliki nama variabel A
dan B. Variabel C adalah variabel hasil dari penjumlahan nilai variabel A dan
B. Lalu jika ingin memanggil variabel C-nya maka berikan #{C} pada pencetakan.
Masuk ke pilihan
menu yang pertama yaitu pengurangan. Di sini program akan menjalankan proses
pengurangan jika user menginput angka 2 pada masukkan pilihan, ini berarti
variabel pil bernilai 2 maka program akan masuk ke pengurangan. Di pengurangan
ini ada perintah inputan bertipe data angka (gets.to_i) yang memiliki nama
variabel D dan E. Variabel F adalah variabel hasil dari pengurangan nilai
variabel D dan E. Lalu jika ingin memanggil variabel F-nya maka berikan #{F}
pada pencetakan.
Masuk ke pilihan
menu yang pertama yaitu perkalian. Di sini program akan menjalankan proses
perkalian jika user menginput angka 3 pada masukkan pilihan, ini berarti
variabel pil bernilai 3 maka program akan masuk ke perkalian. Di perkalian ini
ada perintah inputan bertipe data angka (gets.to_i) yang memiliki nama variabel
M dan N. Variabel K adalah variabel hasil dari perkalian nilai variabel M dan
N. Lalu jika ingin memanggil variabel K-nya maka berikan #{K} pada pencetakan.
Masuk ke pilihan
menu yang pertama yaitu pembagian. Di sini program akan menjalankan proses pembagian
jika user menginput angka 4 pada masukkan pilihan, ini berarti variabel pil bernilai
4 maka program akan masuk ke pembagian. Di pembagian ini ada perintah inputan
bertipe data angka (gets.to_i) yang memiliki nama variabel G dan H. Variabel I
adalah variabel hasil dari pembagian nilai variabel G dan H. Lalu jika ingin
memanggil variabel I-nya maka berikan #{I} pada pencetakan.
Pilihan yang
terakhir adalah pilihan Exit atau keluar dari program, maka pada masukkan
pilihan masukkan angka 5, maka demikian proses perulangan while berhenti dan
program akan berhenti. Lalu untuk else-nya itu untuk inputan yang salah.
Apabila user menginput selain dari 1 s/d 5 maka program akan memberi peringatan
inputan salah dan akan kembali melooping ke menu awal.
Output
Tidak ada komentar:
Posting Komentar