Kamis, 09 November 2017

Membuat bola berjalan bolak-balik secara horizontal dengan Visual Basic

Listing



Logika


Di atas ini merupakan pendeklarasian variabel i bertipe data integer dan variabel maju bertipe data boolean.


Pada Command1 atau button ini berfungsi untuk pengaktifan sistem bolajalannya. Ada dua button yaitu Command1 index 0 dan Command1 index 1. Apabila index 0 yang terpilih maka Timer1 akan diaktifkan sedangkan Timer2 dinonaktifkan, sebaliknya pada kondisi elsenya yaitu Timer1 di nonaktifkan dan Timer2 akan diaktifkan.


Di atas ini merupakan pendeklarasian nilai awal saat program dijalankan yaitu variabel maju bernilai true sedangkan variabel i bernilai 0.


Pada Timer1 ini berfungsi untuk bolaberjalan secara horizontal satu arah ke kanan. Saat Timer1 bekerja variabel i yang merupakan index untuk Sh (lingkarannya) memilki kondisi dimana nilai awalnya 0 akan bertambah 1 poin sampai batasnya kurang dari 4 yaitu 3, apabila nilai sudah melampai batas maka nilai i akan dikembalikan kembali ke nilai awalnya yaitu 0. Saat variabel i bernilai 0 (Sh(0))maka bola akan berwarna kuning lalu nilai i ditambah 1 jadi Sh(1) bola akan menjadi warna merah, lalu Timer1 bekerja kembali ke awal yaitu Sh(1) akan berubah menjadi kuning sedangkan Sh(2) akan menjadi merah, lalu Timer1 bekerja kembali ke awal lagi yaitu Sh(2) akan berubah menjadi kuning sedangkan Sh(3) akan menjadi merah, lalu Timer1 bekerja kembali ke awal lagi yaitu Sh(3) akan berubah menjadi kuning sedangkan Sh(4) akan menjadi merah. Lalu nilai variabel i dikembalikan ke 0 kembali karena sudah melebihi kondisi i < 4, begitu seterusnya sampai Timer1 dinonaktifkan.


Pada Timer2 berfungsi untuk bolaberjalan secara horizontal namun arahnya bolak-balik. Cara kerja Timer2 seperti ini, bola awal akan berwarna kuning, lalu kondisinya jika nilai i bernilai 0 variabel maju bernilai True, saat variabel maju bernilai True maka nilai i akan bertambah 1 poin di setiap perulangannya. Saat nilai i bernilai 4 variabel maju bernilai False, saat variabel maju bernilai False maka nilai i akan berkurang 1 poin di setiap perulangannya, setiap pertambahan 1 poin nilai i maka bola akan berwarna merah, begitu juga dengan saat pengurangan nilai i 1 poin, bola akan menjadi berwarna merah. Jadi saat variabel maju bernilai True bolajalan akan mengarah ke kanan, saat variabel maju bernilai False bolajalan akan mengarah ke kiri.

Output 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...