Listing
Logika
Di atas ini
merupakan pendeklarasian variabel i bertipe data integer dan variabel maju
bertipe data boolean.
Pada Command1 atau
button ini berfungsi untuk pengaktifan sistem bolajalannya. Ada dua button
yaitu Command1 index 0 dan Command1 index 1. Apabila index 0 yang terpilih maka
Timer1 akan diaktifkan sedangkan Timer2 dinonaktifkan, sebaliknya pada kondisi
elsenya yaitu Timer1 di nonaktifkan dan Timer2 akan diaktifkan.
Di atas ini
merupakan pendeklarasian nilai awal saat program dijalankan yaitu variabel maju
bernilai true sedangkan variabel i bernilai 0.
Pada Timer1 ini
berfungsi untuk bolaberjalan secara horizontal satu arah ke kanan. Saat Timer1
bekerja variabel i yang merupakan index untuk Sh (lingkarannya) memilki kondisi
dimana nilai awalnya 0 akan bertambah 1 poin sampai batasnya kurang dari 4
yaitu 3, apabila nilai sudah melampai batas maka nilai i akan dikembalikan
kembali ke nilai awalnya yaitu 0. Saat variabel i bernilai 0 (Sh(0))maka bola
akan berwarna kuning lalu nilai i ditambah 1 jadi Sh(1) bola akan menjadi warna
merah, lalu Timer1 bekerja kembali ke awal yaitu Sh(1) akan berubah menjadi
kuning sedangkan Sh(2) akan menjadi merah, lalu Timer1 bekerja kembali ke awal
lagi yaitu Sh(2) akan berubah menjadi kuning sedangkan Sh(3) akan menjadi
merah, lalu Timer1 bekerja kembali ke awal lagi yaitu Sh(3) akan berubah
menjadi kuning sedangkan Sh(4) akan menjadi merah. Lalu nilai variabel i
dikembalikan ke 0 kembali karena sudah melebihi kondisi i < 4, begitu
seterusnya sampai Timer1 dinonaktifkan.
Pada Timer2
berfungsi untuk bolaberjalan secara horizontal namun arahnya bolak-balik. Cara
kerja Timer2 seperti ini, bola awal akan berwarna kuning, lalu kondisinya jika
nilai i bernilai 0 variabel maju bernilai True, saat variabel maju bernilai
True maka nilai i akan bertambah 1 poin di setiap perulangannya. Saat nilai i
bernilai 4 variabel maju bernilai False, saat variabel maju bernilai False maka
nilai i akan berkurang 1 poin di setiap perulangannya, setiap pertambahan 1
poin nilai i maka bola akan berwarna merah, begitu juga dengan saat pengurangan
nilai i 1 poin, bola akan menjadi berwarna merah. Jadi saat variabel maju
bernilai True bolajalan akan mengarah ke kanan, saat variabel maju bernilai
False bolajalan akan mengarah ke kiri.
Output
Tidak ada komentar:
Posting Komentar