Rabu, 01 November 2017

Program For To Do & For Down To Do dengan Delphi

Listing



Logika


Button 3 (tombol FOR TO DO) berfungsi untuk menjalankan perulangan angka dimulai dari yang terkecil sampai yang paling besar angkanya sesuai dengan batasnya. Cara kerjanya, pertama deklarasikan terlebih dahulu variabel i dan j (integer). Lalu selanjutnya program akan diminta untuk menghapus tulisan memo1 (memo1.Clear;), lalu variabel i berguna untuk menyimpan angka awal dari perulangan yang akan dijalankan(merubah tipe data inputan dari string ke integer), lalu perulangannya berpatokan pada batas dari nilai variabel j yang dimulai dari angka 1 sampai pada nilai yang diinput pada kotak edit2(merubah tipe data inputan dari string ke integer), lalu hasilnya akan dicetak pada memo1 dengan merubah tipe data variabel j dan i dari integer ke string, lalu nilai dari variabel i akan ditambahkan 1 poin setiap terjadi perulangan.


Button 4 (tombol FOR DOWN TO DO) berfungsi untuk menjalankan perulangan angka dimulai dari yang terbesar sampai yang paling kecil angkanya sesuai dengan batasnya. Cara kerjanya, pertama deklarasikan terlebih dahulu variabel i, j, dan k (integer). Lalu selanjutnya program akan diminta untuk menghapus tulisan memo1 (memo1.Clear;), lalu variabel k berguna untuk menyimpan angka awal dari perulangan yang akan dijalankan(merubah tipe data inputan dari string ke integer), lalu perulangannya berpatokan pada batas dari nilai variabel i yang dimulai dari nilai yang diinput pada kotak edit2(merubah tipe data inputan dari string ke integer) lalu turun sampai pada nilai dari variabel j yaitu 1, lalu hasilnya akan dicetak pada memo1 dengan merubah tipe data variabel j dan k dari integer ke string, lalu nilai dari variabel j akan ditambahkan 1 poin setiap terjadi perulangan, sedangkan nilai dari variabel k akan dikurangkan 1 poin setiap terjadi perulangan.


Pada button 5 hanya berisikan perintah pemberhenti jalannya program saja. Pada button 6 berisikan perintah perubahan warna pada form program. Apabila colordialog1 di aktifkan maka palete warna akan muncul dan disitu user bisa mengganti warna sesuka user mau.

Output




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...