Sabtu, 02 Desember 2017

Rigging pada Aplikasi Blender

Rigging adalah proses pembuatan tulang pada objek yang dibuat atau bisa juga disebut proses pembuatan rantai tulang armature, meliputi jumlah tulang yang diperlukan dan pengaturan fungsi tulang.

Disini saya akan merangkan step by step rigging pada objek projek yang saya buat
 



Objek yang ingin diberi tulang
  Pertama pastikan objek yang ingin diberi tulang telah siap sebagai satu objek jadi, apabila objek tersebut dibuat menggunakan proses mirror, apply objek mirror tersebut agar menjadi satu objek penuh.
 

 


Jika objek yang dibuat merupakan dua objek yang terpisah, lakukan join pada kedua objek tersebut dengan mnyelksi kedua objek tersebut lalu tekan tombol ctrl+J pada keyboard. Setelah objek siap maka rigging dimulai...




Kita akan menambahkan tulang dengan menekan shift+A pada keyboard, lalu pilih armature, klik single bone.


Lalu muncul objek seperti gambar diatas.


Posisikan tulang tersebut di tengah objek yang dibuat. Pilih display X-Ray agar tulang dapat terlihat di dalam objek.




Setelah tulang sudah pada posisi tengah, masuk ke edit mode
Pada edit mode kita subdivide tulang tersebut menjadi empat bagian dengan menekan tombol W lalu pilih subdivide jumlahnya 3. Perbesar ukuran tulangnya dengan menekan tombol S.
 




Selanjutnya adalah membuat tulang untuk kaki. Kita beri ceklis pada X-Axis Mirror agar tulang yang dibuat memiliki ukuran yang sama baik kiri maupun kanan, select pada bagian ujung bawah pada tulang yang paling bawah lalu di ekstrude dengan menekan tombol shift+E
 


Setelah tulang bagian kaki selesai kita buat tulang untuk bagian tangan, caranya sama dengan membuat tulang untuk kaki.



Setelah semua tulang telah jadi kita akan menyatukan antara tulang dengan objeknya.
Masuk ke objek mode select objeknya terlebih dulu lalu tekan shift select tulangnya, lalu tekan ctrl+P lalu pilih with automatic weights
 



Untuk memastikan apakah tulang telah menyatu dengan objek maka kita masuk ke dalam pose mode, lalu gerakan tulangnya




Hasil render


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...