Rigging
adalah proses pembuatan tulang pada objek yang dibuat atau bisa juga disebut
proses pembuatan rantai tulang armature, meliputi jumlah tulang yang diperlukan
dan pengaturan fungsi tulang.
Disini
saya akan merangkan step by step rigging pada objek projek yang saya buat
Objek
yang ingin diberi tulang
Pertama
pastikan objek yang ingin diberi tulang telah siap sebagai satu objek jadi,
apabila objek tersebut dibuat menggunakan proses mirror, apply objek mirror
tersebut agar menjadi satu objek penuh.
Jika
objek yang dibuat merupakan dua objek yang terpisah, lakukan join pada kedua
objek tersebut dengan mnyelksi kedua objek tersebut lalu tekan tombol ctrl+J
pada keyboard. Setelah objek siap maka rigging dimulai...
Kita akan menambahkan tulang dengan
menekan shift+A pada keyboard, lalu pilih armature, klik single bone.
Lalu muncul objek seperti gambar diatas.
Posisikan tulang tersebut di tengah objek yang dibuat. Pilih display X-Ray agar tulang dapat terlihat di dalam objek.
Setelah
tulang sudah pada posisi tengah, masuk ke edit mode
Pada
edit mode kita subdivide tulang tersebut menjadi empat bagian dengan menekan
tombol W lalu pilih subdivide jumlahnya 3. Perbesar ukuran tulangnya dengan
menekan tombol S.
Selanjutnya
adalah membuat tulang untuk kaki. Kita beri ceklis pada X-Axis Mirror agar
tulang yang dibuat memiliki ukuran yang sama baik kiri maupun kanan,
select pada bagian ujung bawah pada tulang yang paling bawah lalu di ekstrude
dengan menekan tombol shift+E
Setelah tulang bagian kaki selesai kita buat tulang untuk bagian tangan, caranya sama dengan membuat tulang untuk kaki.
Setelah
semua tulang telah jadi kita akan menyatukan antara tulang dengan objeknya.
Masuk
ke objek mode select objeknya terlebih dulu lalu tekan shift select tulangnya,
lalu tekan ctrl+P lalu pilih with automatic weights
Untuk
memastikan apakah tulang telah menyatu dengan objek maka kita masuk ke dalam
pose mode, lalu gerakan tulangnya
Hasil
render
Tidak ada komentar:
Posting Komentar