Listing
Logika
Program ini
menggunakan import java.util.Scanner;
yang berarti program ini menerima inputan dari user melalui Scanner.
Program ini memiliki class bernama menuDeterminan. Scanner pada program ini
memiliki variabel bernama input.
int [][] matrika = new int [3][3]; ini
berarti bahwa variabel matrika bertipe data integer dan merupakan sebuah
variabel dari array (array dua demensi) yang memiliki jumlah anggota maksimal 3
di masing-masing dimensi.
Pada void main
program ini di dalamnya terdapat pembuatan objek dengan nama Determinan, objek
Determinan akan memanggil terlebih dahulu void menu pada awal program
dijalankan.
Di atas ini merupakan void inputElemen yang isinya merupakan tempat untuk menginput elemen matriks. Terdapat perulangan bersarang yang artinya di dalam sebuah perulangan terdapat perulangan lainnya, dan perulangan yang akan diselesaikan terlebih dahulu adalah perulangan yang ada di dalam. Perulangan for j akan melakukan perulangan dimulai dari nilai 0, lalu akan ditambah 1 poin disetiap perulangan hingga perulangan berhenti dibatas lebih kecil dari 3. Demikian juga dengan perulangan for i akan melakukan perulangan dimulai dari nilai 0, lalu akan ditambah 1 poin disetiap
Di atas ini
merupakan void ordox yang
isinya merupakan perhitungan terhadap determinan matriks ordo 2X2. Terdapat
perulangan bersarang yang artinya di dalam sebuah perulangan terdapat
perulangan lainnya, dan perulangan yang akan diselesaikan terlebih dahulu
adalah perulangan yang ada di dalam. Perulangan for j akan melakukan perulangan
dimulai dari nilai 0, lalu akan ditambah 1 poin disetiap perulangan hingga
perulangan berhenti dibatas lebih kecil dari 2. Demikian juga dengan perulangan
for i akan melakukan perulangan dimulai dari nilai 0, lalu akan ditambah 1 poin
disetiap perulangan hingga perulangan berhenti dibatas lebih kecil dari 2. Lalu
hasilnya akan membentuk sebuah matriks ordo 2X2. Lalu ada variabel dtr yang
bertipe data integer yang merupakan variabel yang isinya terdapat perhitungan
determinan matriks ordo 2X2. Elemen matriks yang akan dihitung determinannya
merupakan elemen yang sebelumnya diinput terlebih dahulu di void inputElemen.
Di atas ini
merupakan void ordoxx yang
isinya merupakan perhitungan terhadap determinan matriks ordo 3X3. Terdapat
perulangan bersarang yang artinya di dalam sebuah perulangan terdapat
perulangan lainnya, dan perulangan yang akan diselesaikan terlebih dahulu
adalah perulangan yang ada di dalam. Perulangan for j akan melakukan perulangan
dimulai dari nilai 0, lalu akan ditambah 1 poin disetiap perulangan hingga
perulangan berhenti dibatas lebih kecil dari 3. Demikian juga dengan perulangan
for i akan melakukan perulangan dimulai dari nilai 0, lalu akan ditambah 1 poin
disetiap perulangan hingga perulangan berhenti dibatas lebih kecil dari 3. Lalu
hasilnya akan membentuk sebuah matriks ordo 3X3. Lalu ada variabel dtr yang
bertipe data integer yang merupakan variabel yang isinya terdapat perhitungan
determinan matriks ordo 3X3. Elemen matriks yang akan dihitung determinannya
merupakan elemen yang sebelumnya diinput terlebih dahulu di void inputElemen.
Lalu ada void menu
yang isinya merupakan display menu yang bisa dipilih oleh user. Setiap angka
yang diinput oleh user akan masuk ke dalam variabel pil.
Jika variabel pil
bernilai 1, maka program akan menjalankan void inputElemen dan setelah void
inputElemen dijalankan maka program akan kembali ke void menu. Jika variabel
pil bernilai 2, maka program akan menjalankan void ordox dan setelah void ordox
dijalankan maka program akan kembali ke void menu. Jika variabel pil bernilai
3, maka program akan menjalankan void ordoxx dan setelah void ordoxx dijalankan
maka program akan kembali ke void menu. Jika variabel pil bernilai 4, maka
program akan mencetak “Anda Keluar” dan program akan berhenti. Jika variabel
pil bernilai lebih dari 4, maka program akan memberi peringatan pilihan tidak
ada dan program akan kembali ke void menu.
Output
Tampilan awal (void menu)
Masuk ke pilihan 1 (void inpuElemen)
Masuk ke pilihan 2 (void ordox)
Masuk ke pilihan 3 (void ordoxx)
Jika menginput pilihan yang salah
Masuk ke pilihan 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar