Sabtu, 02 Desember 2017

Animasi pada Aplikasi Blender

Animasi adalah gambar bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakkan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu atau frame yang terjadi. Disini saya akan merangkan step by step animasi pada objek projek yang saya buat. Setelah pembuatan rigging sebelumnya, pada mode pose kita posisikan tulangnya dalam keadaaan posisi berdiri tegap, caranya tekan tombol G lalu X pada kedua lengan objek.





Lalu kita select seluruh tulangnya dengan menekan tombol A. Setelah itu kita posisikan framenya pada angka 1, lalu tekan tombol I lalu pilih LocRot



setelah di LocRot pada frame 1, selanjutnya posisikan frame pada angka 10 , lalu posisikan objek dalam kondisi mau berlari, caranya majukan objek ke depan dengan menekan tombol G dan Y , lakukan tekan tombol G lalu X pada kedua lengan dan kaki objek. Lalu kita select seluruh tulangnya dengan menekan tombol A, lalu tekan tombol I lalu pilih LocRot.


Setelah di LocRot pada frame 10, selanjutnya posisikan frame pada angka 20 , lalu posisikan objek dalam kondisi sudah berlari, caranya majukan objek ke depan dengan menekan tombol G dan Y , lakukan tekan tombol G lalu X pada kedua lengan dan kaki objek. Lalu kita select seluruh tulangnya dengan menekan tombol A, lalu tekan tombol I lalu pilih LocRot.



Selanjutnya kita posisikan frame ke posisi 10, lalu copy pose tersebut. Posisikan frame pada angka 30 , lalu paste frame 10 tadi, lalu majukan objek ke depan lagi dengan menekan tombol G dan Y. Lalu kita select seluruh tulangnya dengan menekan tombol A, lalu tekan tombol I lalu pilih LocRot.




Selanjutnya kita posisikan frame ke posisi 20, lalu copy pose tersebut. Posisikan frame pada angka 40, lalu paste frame 20 tadi, lalu majukan objek ke depan lagi dengan menekan tombol G dan Y. Lalu kita select seluruh tulangnya dengan menekan tombol A, lalu tekan tombol I lalu pilih LocRot.




Lakukan step-step di atas tadi sampai pada posisi semula pada akhir frame yang diinginkan.
Jika ingin melakukan pengaturan frame, lakukan pada gambar di bawah ini




Apabila semua frame telah dirasa menjadi sebuah animasi yang diinginkan, maka kita dapat melakukan rendering terhadap animasi yang telah disusun.
Caranya, pada tab RENDER kita lakukan pengesetan terlebih dahulu terhadap format output file



Kita dapat memilih format file outputyasaya memakai AVI JPEG
Kita juga dapat memilih tempat penyimpanan file sesuai yang kita inginkan





Apabila animasi siap untuk di RENDER kita klik animation , tunggu sampai rendernya selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...