Animasi adalah gambar
bergerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan
mengikuti alur pergerakkan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan
hitungan waktu atau frame yang terjadi. Disini
saya akan merangkan step by step animasi pada objek projek yang saya buat. Setelah
pembuatan rigging sebelumnya, pada mode pose kita posisikan tulangnya dalam
keadaaan posisi berdiri tegap, caranya tekan tombol G lalu X pada kedua lengan
objek.
Lalu kita select seluruh tulangnya dengan menekan tombol
A. Setelah itu kita posisikan framenya pada angka 1, lalu tekan tombol I lalu pilih LocRot
setelah di LocRot pada frame 1, selanjutnya posisikan frame pada angka 10 , lalu posisikan objek dalam kondisi mau berlari, caranya majukan objek ke depan dengan menekan tombol G dan Y , lakukan tekan tombol G lalu X pada kedua lengan dan kaki objek. Lalu kita select seluruh tulangnya dengan menekan tombol A, lalu tekan tombol I lalu pilih LocRot.
Setelah di LocRot pada frame 10, selanjutnya posisikan frame pada angka 20 , lalu posisikan objek dalam kondisi sudah berlari, caranya majukan objek ke depan dengan menekan tombol G dan Y , lakukan tekan tombol G lalu X pada kedua lengan dan kaki objek. Lalu kita select seluruh tulangnya dengan menekan tombol A, lalu tekan tombol I lalu pilih LocRot.
Selanjutnya
kita posisikan frame ke posisi 10, lalu copy pose tersebut. Posisikan frame pada angka 30 , lalu paste frame 10 tadi, lalu majukan objek ke depan
lagi dengan menekan tombol G dan Y. Lalu kita select seluruh tulangnya dengan
menekan tombol A, lalu tekan tombol I lalu pilih LocRot.
Selanjutnya
kita posisikan frame ke posisi 20, lalu copy pose tersebut. Posisikan frame pada angka 40, lalu paste frame 20 tadi, lalu majukan objek ke depan
lagi dengan menekan tombol G dan Y. Lalu kita select seluruh tulangnya dengan
menekan tombol A, lalu tekan tombol I lalu pilih LocRot.
Lakukan
step-step di atas tadi sampai pada posisi semula pada akhir frame yang
diinginkan.
Jika
ingin melakukan pengaturan frame, lakukan pada gambar di bawah ini
Apabila
semua frame telah dirasa menjadi sebuah animasi yang diinginkan, maka kita
dapat melakukan rendering terhadap animasi yang telah disusun.
Caranya,
pada tab RENDER kita lakukan pengesetan terlebih dahulu terhadap format output
file
Kita dapat memilih format file outputyasaya memakai AVI JPEG
Kita
juga dapat memilih tempat penyimpanan file sesuai yang kita inginkan
Apabila
animasi siap untuk di RENDER kita klik animation ,
tunggu sampai rendernya selesai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar