Sabtu, 02 Desember 2017

Lookup pada Microsoft Excel

LOOKUP

Fungsi lookup merupakan fungsi untuk mencocokan sebuah data dengan sebuah tabel yang disiapkan secara khusus. Fungsi lookup ada 2 macam, yaitu data tabel vertikal dan data tabel horizontal. Data tabel vertikal menggunakan fungsi VLOOKUP. Sintak dan argumen =VLOOKUP(Teks;Tabel_referensi;Posisi). Sedangkan pada posisi horizontal menggunakan HLOOKUP dengan sintak =HLOOKUP(Teks;Tabel_referensi;Posisi). Terkadang ada yang harus ditambah kolom sehingga untuk vertikal menjadi =VLOOKUP(Teks;Tabel_referensi;Posisi,0) dan untuk posisi horizontal menjadi =HLOOKUP(Teks;Tabel_referensi;Posisi,0). Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP sebenarnya merupakan fungsi penyerdehanaan dari fungsi IF sehingga lebih sederhana dan lebih mudah dalam pengerjaannya.

Contoh tabel refensi HLOOKUP
 




Contoh tabel reverensi VLOOKUP




FUNGSI LOGIKA


Fungsi logika adalah fungsi untuk mengecek nilai benar dan salah,”True and False”. Fungsi ini terdiri dari: IF, OR, AND, NOT, FALSE, dan TRUE. Fungsi IF, untuk menyatakan prasyarat. Sintak dan argumen =IF(Syarat_Logika;Jawaban_Benar;Jawaban_Salah). Jika syarat yang ditentukan memenuhi, maka akan menampilkan Jawaban_Benar. Namun jika tidak maka akan menampilkan Jawaban_Salah.
Contoh sintak dan tabel:
=IF(C4>65;"LULUS";"TIDAK LULUS")







LA Excel 1 HLOOKUP






Formula untuk kolom huruf




Formula untuk kolom keterangan




Formula untuk Jumlah; Rata-rata; Min; Max; Count
Jumlah: =SUM(C12:C25) Rata-rata: =AVERAGE(C12:C25)  Min: =MIN(C12:C25)  Max: =MAX(C12:C25)  Count: =COUNT(C12:C25)


Logikanya
HLOOKUP itu fungsinya digunakan untuk membaca tabel lookup dengan susunan data per baris(horizontal). Table3[[#This Row];[Column1]] ini adalah sel pembaca atau sel acuan nilai untuk membaca tabel lookup-nya. Table1 ini adalah nama dari tabel lookup yang nilai-nilainya akan dibaca lalu nilai yang sesuai akan di tempatkan pada sel yang di tunjuk. 2 itu adalah baris yang akan dibaca nilainya. Untuk yang angka 3 itu adalah baris ketiga dari tabel lookup.
Fungsi SUM adalah untuk menghitung keseluruhan jumlah dari angka-angka yang dipilih. Fungsi AVERAGE adalah untuk menghitung rata-rata dari keseluruhan angka-angka yang dipilih. Fungsi MIN adalah untuk memilih angka terkecil dari keseluruhan angka-angka yang dipilih. Fungsi MAX adalah untuk memilih angka terbesar dari keseluruhan angka-angka yang dipilih. Fungsi COUNT adalah untuk menghitung banyak data yang dipilih.


LA Excel 1 VLOOKUP
 



Formula untuk kolom huruf




Formula untuk kolom keterangan




Jumlah: =SUM(C12:C25)                 Rata-rata: =AVERAGE(C12:C25)  Min: =MIN(C12:C25)  Max: =MAX(C12:C25)  Count: =COUNT(C12:C25)

Logikanya
VLOOKUP itu fungsinya digunakan untuk membaca tabel lookup dengan susunan data per kolom(vertikal). Table4[[#This Row];[Column1]] ini adalah sel pembaca atau sel acuan nilai untuk membaca tabel lookup-nya. Table2 ini adalah nama dari tabel lookup yang nilai-nilainya akan dibaca lalu nilai yang sesuai akan di tempatkan pada sel yang di tunjuk. 2 itu adalah baris yang akan dibaca nilainya. Untuk yang angka 3 itu adalah baris ketiga dari tabel lookup.
Fungsi SUM adalah untuk menghitung keseluruhan jumlah dari angka-angka yang dipilih. Fungsi AVERAGE adalah untuk menghitung rata-rata dari keseluruhan angka-angka yang dipilih. Fungsi MIN adalah untuk memilih angka terkecil dari keseluruhan angka-angka yang dipilih. Fungsi MAX adalah untuk memilih angka terbesar dari keseluruhan angka-angka yang dipilih. Fungsi COUNT adalah untuk menghitung banyak data yang dipilih.

LA Excel 2 LA2



Formula untuk kolom keterangan
 



Logikanya
Fungsi IF digunakan untuk mengecek benar atau salah nilai acuan(sel C4) terhadap syarat logika. C4>65 ini adalah syarat logika yang harus dipenuhi. Kata LULUS ini adalah nilai true jika syarat logika terpenuhi oleh nilai acuan(sel C4). Kata TIDAK LULUS ini adalah nilai false jika syarat logika tidak terpenuhi oleh nilai acuan(sel C4).
LA Excel 3 LA3


Formula untuk kolom DISKON



Formula untuk kolom JUMLAH





Logikanya
Pada kolom DISKON, fungsi IF digunakan untuk mengecek benar atau salah nilai acuan(sel C4) terhadap syarat logika. Fungsi OR diatas itu adalah syarat logika yang bisa lebih dari satu syarat, jika syarat 1 tidak terpenuhi maka syarat selanjutnya akan membaca sel acuan(sel C5 dan D5) terpenuhi atau tidak. E5*50% ini adalah nilai true jika syarat pertama atau kedua terpenuhi, nilai yang ada di sel E5 akan dikalikan 50%. Jika fungsi IF yang pertama syarat logikanya tidak ada yang terpenuhi maka formula akan melanjutkan ke IF yang selanjutnya. Jika semua fungsi IF tidak ada yang terpenuhi syarat loginya maka pada sel akan keluar kata FALSE.


Pada kolom jumlah hanya menggunakan fungsi pengurangan saja yaitu harga normal(E5) dikurang dengan diskonnya(F5).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...