Kamis, 07 Desember 2017

Invers Matriks pada Java

LISTING PROGRAM
 

 LOGIKA


Listing di atas ini menunjukan bahwa program ini dapat menerima inputan dari user (import java.io.*;). Program ini memiliki class yang bernama empat. BufferedReader input = new BufferedReader( new InputStreamReader (System.in)); ini menunjukan bahwa variabel untuk inputannya adalah input. Lalu ada variabel temp yang bertipe data temp. Lalu ada variabel untuk array dua dimensi yaitu variabel matrika yang bertipe data float. Array dua dimensi tersebut memiliki anggota masing-masing 2 disetiap dimensinya (new float [2][2]).




Listing di atas ini berguna untuk penginputan elemen untuk matrika. Cara kerja dari listing di atas ini adalah pertama program akan mencetak perintah yang ada di system.out.println, lalu masuk ke perulangannya, perulangan yang pertama akan memulai nilainya dari angka 0, lalu masuk ke perulangan cabang di dalamnya yang juga memulai perulangannya dari angka 0, setelah itu program akan mencetak yang ada di system.out.print tersebut dengan penambahan nilai 1 pada perulangan pertama (i) dan perulangan kedua (j), lalu inputan untuk user pun bekerja, setiap angka yang diinput oleh user akan tersimpan pada variabel matrika dan menjadi elemen dari array dua dimensi tersebut. Selanjutnya perulangan akan bekerja dan menerima inputan sampai pada batas nilai i kurang dari 2 dan nilai j juga kurang dari 2.




Listing selanjutnya ini berguna untuk mencetak matriks yang elemennya telah diinput pada listing sebelumnya. Cara kerjanya sama dengan perulangan pada listing sebelumnya, program ini akan memanggil elemen – elemen dari array dua dimensi yang sebelumnya telah diinputkan (matrika[0][0]; matrika[0][1]; matrika[1][0]; matrika[1][1]), lalu program akan mencetak elemen – elemen matriks tersebut secara perbaris, jadi perulangan akan mengisi baris yang pertama terlebih dahulu sampai selesai, lalu melanjutkan pencetakan baris berikutnya dengan sistem yang sama dengan baris yang pertama.




Listing di atas ini berguna untuk menghitung nilai determinan dari matriksnya serta untuk membentuk elemen-elemen array du dimensi tersebut menjadi adjoin dari matriksnya. Untuk perhitungan nilai determinan yaitu elemen matrika[0][0]dikalikan dengan elemen matrika[1][1], lalu dikurangi dengan elemen matrika[1][0] yang dikanlikan lemen matrika [0][1]. Untuk pembuatan adjoin matriknya yaitu nilai elemen matrika [0][0] masuk menjadi nilai dari variabel temp, lalu nilai elemen matrika[1][1] masuk menjadi nilai elemen matrika[0][0], lalu nilai variabel temp masuk menjadi nilai elemen matrika[1][1], selanjutnya nilai elemen matrika [0][1] dikalikan dengan -1, begitu juga dengan nili elemen matrika [1][0] dkalikan -1 juga.




Listing di atas ini berguna untuk menghitung dan mencetak invers dari matriksnya. Sistem kerjanya sama seperti pencetakan matriks pada sebelumnya, namun bedanya adalah anggota elemen matrika tersebut sudah diubah dalam bentuk adjoin matriks 2X2. Perulangan dimulai dnegan memanggil elemen matrika[0][0] lalu memebaginya dengan nilai determinan matriksnya, selanjutnya memanggil elemen matrika[0][1] lalu memebaginya dengan nilai determinan matriksnya, baris pertama selesai lanjut ke baris kedua yaitu memanggil elemen matrika[1][0] lalu memebaginya dengan nilai determinan matriksnya, lalu memanggil elemen matrika[1][1] lalu memebaginya dengan nilai determinan matriksnya. 

OUTPUT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...