Kamis, 07 Desember 2017

Debug pada Assembler

Listing 
 

 Logika



Listing di atas ini adalah pendeklarasian segment dalam bahasa assembly. Segment tersebut bernama coba, selanjutnya menempatkan segment coba di dalam register cs. Menempatkan segment coba pada segment dan offset 100 dimana nanti program akan di tempatkan.




Listing di atas ini adalah pendeklarasian fungsi start yang di dalamnya terdapat program utamanya. mov ah,02, mov-nya ini maksudnya adalah perintah untuk mengisi, memindahkan, memperbaharui isi suatu register, variabel ataupun suatu lokasi memori. Lalu ah-nya ini maksudnya adalah register AH (operand A). Lalu 02-nya ini maksudnya adalah bilangan 02 (operand B). Mov cx,20, mov-nya ini maksudnya adalah perintah untuk mengisi, memindahkan, memperbaharui isi register cx, register cx biasanya digunakan untuk perulangan dalam bahasa assembly. Angka 20 menunjukan bahwa perulangan akan terjadi sebanyak 20 kali.


 


Listing di atas ini adalah pendeklarasian fungsi ulang. MOV dl,55h ini untuk mencetak huruf U, MOV dl,6Eh ini untuk mencetak huruf n, MOV dl,69h ini untuk mencetak huruf i, MOV dl,76h ini untuk mencetak huruf v, MOV dl,65h ini untuk mencetak huruf e, MOV dl,72h ini untuk mencetak huruf r, MOV dl,73h ini untuk mencetak huruf s, MOV dl,69h ini untuk mencetak huruf i, MOV dl,74h ini untuk mencetak huruf t, MOV dl,61h ini untuk mencetak huruf a, MOV dl,73h ini untuk mencetak huruf s, MOV dl,20h ini untuk mencetak spasi, MOV dl,47h ini untuk mencetak huruf G, MOV dl,75h ini untuk mencetak huruf u, MOV dl,6Eh ini untuk mencetak huruf n, MOV dl,61h ini untuk mencetak huruf a, MOV dl,64h ini untuk mencetak huruf d, MOV dl,61h ini untuk mencetak huruf a, MOV dl,72h ini untuk mencetak huruf r, MOV dl,6Dh ini untuk mencetak huruf m, MOV dl,61h ini untuk mencetak huruf a. Int 21h untuk mencetak karakter assemblynya.




Listing di atas ini adalah perintah untuk melakukan perulangan terhadap fungsi ulang. Int 21h-nya untuk mencetak seluruh karakter disetiap perulangannya. Int 20h-nya untuk mengakhiri jalannya program. 




Listing di atas ini adalah untuk menutup segment coba  dan end start-nya untuk menutup fungsi start.

Output 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...