Kamis, 07 Desember 2017

Program Vektor dengan Java

Listing 
 

Logika



Program ini dapat menerima inputan dari user melalui import java.util.Scanner; ini. Program ini memiliki class bernama menu. Nama variabel scannernya adalah input. Vektor yang pertama memiliki tipe data integer dan memiliki nama varibelnya VektorA dan di dalamnya terdapat 2 anggota, sedangkan Vektor yang kedua memiliki tipe data integer dan memiliki nama varibelnya VektorB dan di dalamnya terdapat 2 anggota.




Pada void input() ini program akan menjalankan perintah penginputan terhadap anggota dari Vektor A dan juga Vektor B. VektorA[0]=input.nextInt(); ini berfungsi untuk perintah penginputan dengan memanggil scanner input maka anggota dari VektorA yang pertama dapat di input oleh user. VektorA[1]=input.nextInt(); ini berfungsi untuk perintah penginputan dengan memanggil scanner input maka anggota dari VektorA yang kedua dapat di input oleh user. VektorB[0]=input.nextInt(); ini berfungsi untuk perintah penginputan dengan memanggil scanner input maka anggota dari VektorB yang pertama dapat di input oleh user. VektorB[1]=input.nextInt(); ini berfungsi untuk perintah penginputan dengan memanggil scanner input maka anggota dari VektorB yang kedua dapat di input oleh user.




Void menu1() ini merupakan tempat pilihan menu untuk pertambahan vektor atau perkalian vektor. Pertama-tama void menu1 ini akan mencetak pilihan menunya terlebih dahulu, lalu program akan meminta kepada user untuk memilih pilihan dari angka 1 sampai dengan 3. Variabel untuk pemilihannya tersebut memiliki nama n dan bertipe data integer. Di program ini untuk pemilihannya menggunakan percabangan switch-case. Switch-case ini akan melihat patokan pemilihan percabangannya dari variabel n {switch(n)}. Lalu pada case-nya, case 1 di dalamnya berisikan pencetakan isi dari anggota VektorA dan juga VektorB yang sebelumnya tadi diinput terlebih dahulu oleh user, lalu melakukan pengoprasian pertambahan vektor terhadap VektorA dan VektorB dan mencetak hasil pertambahan vektornya, lalu memanggil kembali void menu1 lagi. Pada case 2 di dalamnya berisikan pencetakan isi dari anggota VektorA dan juga VektorB yang sebelumnya tadi diinput terlebih dahulu oleh user, lalu melakukan pengoprasian perkalian vektor terhadap VektorA dan VektorB dan mencetak hasil perkalian vektornya, lalu memanggil kembali void menu1 lagi. Pada case 3 hanya berisikan pencetakan kalimat saja, serta program akan berhenti jika user memilih angka 3. Pada default-nya berisikan peringatan pengiputan yang salah, lalu program akan memanggil kembali void menu1 lagi yang akan kembali ke pemilihan menu.




Pada void main ini hanyalah berisikan pembuatan objek yang memiliki nama objek l. Lalu objek l ini memanggil void input() dan juga memanggil void menu1() pada program.

Output


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...