Kamis, 11 Januari 2018

Program TREE Pada Bahasa C

LISTING






LOGIKA PROGRAM




#include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk program ini, berguna untuk menjalankan perintah input dan output yang ada pada program ini seperti printf atau scanf. #include <conio.h> adalah penyisipan file header yang berguna untuk membuat teks antarmuka pengguna seperti clrscr atau getch. #include<iostream.h> adalah header file untuk input dan output stream. #include<stdlib.h> adalah header file yang menjabarkan beberapa fungsi umum dan marco termasuk manajemen memori dinamis, menjalin komunikasi dengan perangkat sekitar, membuat bilangan secara random, aritmatika bilangan integer, pencarian, pengurutan dan pengkonversian.




Listing di atas ini merupakan pendeklarasian linked list node, yang di dalamnya terdapat variabel data yang bertipe integer serta linked list node berpointer left dan right. Linked list node berpointer tree diberi nilai awal NULL. Linked list node berpointer insert menyimpan nilainya pada variabel ele yang bertipe data integer. Pendeklarasian method preorder yang dihubungkan terhadap linked list node berpointer tree. Pendeklarasian method inorder yang dihubungkan terhadap linked list node berpointer tree. Pendeklarasian method postorder yang dihubungkan terhadap linked list node berpointer tree. Variabel count bertipe data integer dan diberi nilai awal 1.




Listing di atas merupakan method utama program ini yang berisi menu pilihan untuk pengguna dalam pengoprasian binary tree. Pendeklarasian variabel ch dan ele yang bertipe data integer. Penggunaan perulangan do while diperuntukan supaya menu kembali lagi setelah pengguna melakukan pemilihan. Setiap pilihan menu yang diinput oleh pengguna, nilainya akan disimpan di dalam variable ch.




Listing di atas ini merupakan percabangan switch case yang di pemilihannya diambil dari nilai variabel ch. Apabila nilai yang dipilih 1 maka program akan menjalankan pilihan menu yang pertama yaitu menginput nilai untuk elemen tree-nya, program akan menjalankan fungsi insert(tree,ele) yang nantinya akan membentuk sebuah binary tree. Apabila nilai yang dipilih 2 maka program akan menjalankan pilihan menu yang kedua yaitu pengurutan elemen binary tree secara preorder, program akan menjalankan method preorder(tree). Apabila nilai yang dipilih 3 maka program akan menjalankan pilihan menu yang ketiga yaitu pengurutan elemen binary tree secara inorder, program akan menjalankan method inorder(tree). Apabila nilai yang dipilih 4 maka program akan menjalankan pilihan menu yang keempat yaitu pengurutan elemen binary tree secara postorder, program akan menjalankan method postorder(tree). Apabila nilai yang dipilih 5 maka program akan mengentikan kinerjanya melalui fungsi exit(0). Apabila inputannya selain 1 2 3 4 5 maka program akan selalu kembali ke menu karena perulangan do while yang bersyarat nilai variabel ch tidak sama dengan 5.




Listing di atas ini merupakan fungsi insert yang berguna untuk menjalankan fungsi penginputan elemen dari binary tree. Deklarasi variabel pil bertipe data integer. Jika binary tree masih dalam keadaan kosong (NULL) maka program akan membuat tree baru dengan penginputan pertama akan menjadi akarnya(root). Selanjutnya apabila root tree telah terisi maka program akan meminta kepada pengguna untuk memilih nilai 1 atau 2, apabila yang dipilih 1 maka program akan memroses tree ke arah kiri, apabila yang dipilih 2 maka program akan memroses tree ke arah kanan.



Preorder = simpul kiri kanan
Listing di atas ini merupakan method preorder, di dalamnya terdapat if yang memiliki syarat tree tidak kosong(NULL). Apabila tree tidak kosong maka program akan mencetak urutan elemen di mulai dari simpul[tree->data] kemudian ke elemen yang ada di sebelah kiri[tree->left] dahulu baru lanjut ke sebelah kanan [tree->right].


Inorder = kiri simpul kanan
Listing di atas ini merupakan method inorder, di dalamnya terdapat if yang memiliki syarat tree tidak kosong(NULL). Apabila tree tidak kosong maka program akan mencetak urutan elemen di mulai dari kiri[tree->left] kemudian ke elemen yang ada di simpul[tree->data] dahulu baru lanjut ke elemen yang ada di sebelah kanan [tree->right].


Postorder = kiri kanan simpul
Listing di atas ini merupakan method postorder, di dalamnya terdapat if yang memiliki syarat tree tidak kosong(NULL). Apabila tree tidak kosong maka program akan mencetak urutan elemen di mulai dari kiri[tree->left] kemudian ke elemen yang ada di sebelah kanan [tree->right] dahulu baru lanjut ke elemen yang ada di simpul[tree->data].




OUTPUT PROGRAM




Output untuk pilihan menu pertama

 


Output untuk pilihan menu kedua




Output untuk pilihan menu ketiga




Output untuk pilihan menu keempat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...