Kamis, 04 Januari 2018

Function dan Subroutine pada FORTRAN

Listing

 
 Logika


Listing di atas ini merupakan menu utama dari program ini. Menu utama ini ditandai dengan label 50. User akan melakukan inputan terhadap pilihan menu dari angka 1 sampai dengan 4, lalu nilai yang diinput akan tersimpan pada variabel PIL.





Listing di atas ini merupakan percabangan if yang berguna untuk mengeksekusi pilihan menu yang dilakukan oleh user. Jika PIL sama dengan 1 maka program akan memanggil subroutine SIKUA, setelah subroutine SIKUA dieksekusi program akan mengeksekusi label 50 yaitu menu utama. Jika PIL sama dengan 2 maka program akan memanggil subroutine SIKUB, setelah subroutine SIKUB dieksekusi program akan mengeksekusi label 50 yaitu menu utama. Jika PIL sama dengan 3 maka program akan memanggil subroutine SAMA, setelah subroutine SAMA dieksekusi program akan mengeksekusi label 50 yaitu menu utama. Jika PIL sama dengan 4 maka program akan memanggil subroutine EXIT dan program akan berhenti. Jika PIL selain nilai 1 sampai dengan 4 maka akan muncul peringatan dana akan mengeksekusi label 50 yaitu menu utama.




Listing di atas ini merupakan subroutine SIKUA yang berisikan pembuatan segitiga siku-siku. Program akan meminta inputan kepada user untuk menginput tinggi dari segitiga yang akan dibuat. Nilai yang diinput akan simpan pada variabel TINGGI dan selanjutnya program akan membentuk segitiga siku-siku dengan tinggi yang sebanyak inputan user tersebut.




Listing di atas ini merupakan subroutine SIKUB yang berisikan pembuatan segitiga siku-siku terbalik. Program akan meminta inputan kepada user untuk menginput tinggi dari segitiga yang akan dibuat. Nilai yang diinput akan simpan pada variabel TINGGI dan selanjutnya program akan membentuk segitiga siku-siku terbalik dengan tinggi yang sebanyak inputan user tersebut.




Listing di atas ini merupakan subroutine SAMA yang berisikan pembuatan segitiga sama sisi. Program akan meminta inputan kepada user untuk menginput tinggi dari segitiga yang akan dibuat. Nilai yang diinput akan simpan pada variabel TINGGI dan selanjutnya program akan membentuk segitiga sama sisi dengan tinggi yang sebanyak inputan user tersebut.




Listing di atas ini merupakan subroutine EXIT yang berisikan pengakhiran program menu segitiga ini.

Output 

Pilihan 1
 






Pilihan 2





Pilihan 3





Pilihan 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...