Kamis, 11 Januari 2018

Program QUEUE Pada Bahasa C

LISTING


 LOGIKA



#include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk program ini, berguna untuk menjalankan perintah input dan output yang ada pada program ini seperti printf atau scanf. #include <conio.h> adalah penyisipan file header yang berguna untuk membuat teks antarmuka pengguna seperti clrscr atau getch. Mendefinisikan nilai MAX sebesar 5.

Struct Queue merupakan linked list yang di dalamnya terdapat variabel data yang bertipe data integer dengan batasan data MAX, serta variabel head dan tail bertipe data integer. Variabel dataantri bertipe data Queue.




Di dalam method Buat() terdapat perintah bahwa nilai variabel head dan variabel tail bernilai -1.




Di dalam method integer Kosong() terdapat percabangan if yang menkondisikan bahwa jika variabel tail bernilai -1 maka kembali ke 1, jika tidak kembali ke 0.




Di dalam method Penuh() terdapat percabangan if dengan kondisi bahwa apabila variabel tail bernilai MAX(5) dikurang 1 maka kembali ke 1, jika tidak maka kembali ke 0.




Di dalam method Insert(int data) terdapat percabangan if yang memiliki kondisi jika method Kosong() bernilai 1 maka variabel head dan variabel tail akan bernilai 0 serta variabel data dengan batasan nilai varabel tail samadengan data. Apabila tidak sesuai dengan kondisi maka masuk ke kondisi if lagi yaitu jika method Penuh() bernilai 0 maka nilai variabel tail mengalami increment. Lalu variabel data dengan batasan nilai variabel tail samadengan data.




Di dalam method Delete() terdapat pendeklarasian variabel i bertipe data integer, lalu variabel e bertipe data integer dengan nilai awal samadengan nilai variabel data dengan batasan nilai sebesar nilai variabel head. Lalu perulangan for dengan kondisi nilai variabel i samadengan nilai variabel head, lalu nilai variabel i lebih kecil samadengan nilai variabel tail dikurang 1, lalu nilai variabel i mengalami increment. Lalu variabel tail mengalami decrement, lalu kembali ke nilai awal variabel e.




Di dalam method Show() kondisi if yaitu apabila method Kosong bernilai 0 maka program akan menjalankan perulangan for dengan kondisi nilai variabel i samadengan nilai variabel head, lalu nilai variabel i lebih kecil samadengan nilai variabel tail, lalu nilai variabel i mengalami increment. Jika tidak sesuai dengan kondisi if maka program menyatakan bahwa data masih kosong.




Di dalam method Kosongkan() ini terdapat deklarasi bahwa nilai variabel head dan variabel tail samadengan -1. Lalu program menyatakan bahwa data berhasil dikosongkan.




Method main() merupakan method utama di dalam program ini. Di dalamnya terdapat pendeklarasian variabel menu dan data bertipe data integer, lalu pemanggilan method Buat, lalu pemunculan menu untuk dipilih oleh pengguna. Jika pilihan telah diinput maka inputannya akan disimpan di dalam variabel menu, dari menu masuk ke percabangan switch-case. Percabangan switch-case ini kondisinya sesuai dengan nilai dari variabel menu, jika bernilai 1 maka porgram akan masuk ke pilihan menu pertama yaitu Insert. Di dalam menu Insert ini program akan meminta pengguna untuk menginput elemen data queue. Jika bernilai 2 maka porgram akan masuk ke pilihan menu kedua yaitu Delete. Di dalam menu Delete ini program akan menghapus elemen data pertama queue. Jika bernilai 3 maka porgram akan masuk ke pilihan menu ketiga yaitu Show. Di dalam menu Show ini program akan menampilkan semua elemen data queue. Jika bernilai 4 maka porgram akan masuk ke pilihan menu keempat yaitu Empty. Di dalam menu Empty ini program akan mengkosongkan keseluruhan elemen data queue. Jika bernilai 5 maka program akan diberhentikan keseluruhan kerjanya.

OUTPUT 


Menu awal
 




Pilihan menu ke 1
 



Pilihan menu ke 3



Pilihan menu ke 2




Pilihan menu ke 4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...