Kamis, 11 Januari 2018

OOP pada TCPP

Listing
 


LOGIKA PROGRAM



#include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk program ini, berguna untuk menjalankan perintah input dan output yang ada pada program ini seperti printf atau scanf. #include <conio.h> adalah penyisipan file header yang berguna untuk membuat teks antarmuka pengguna seperti clrscr atau getch. Program utama pada program ini adalah void main(). Struct mhs merupakan grup variabel yang dijadikan menjadi satu record. Jadi variabel npm yang bertipe data char(9 karakter maksimal), nama yang bertipe data char(25 karakter maksimal), kelas yang bertipe data char(30 karakter maksimal), serta variabel UTS, UAS, dan total yang bertipe data integer merupakan grup variabel yang menjadi satu ke dalam variabel record pmhs (maksimal 10 record)

Clrscr() berguna untuk mengkosongkan layar (blank screen). Selanjutnya program meminta inputan meminta banyaknya elemen record yang diinput. scanf("%d",&n); ini adalah scanner inputan, %d artinya membaca inputan desimal, lalu &n artinya variabel n bertindak sebagai variabel inputannya.

Lanjut ke perulangan for (i=0; i<n; i++), perulangan for disini akan melakukan perulangan sampai batas nilai variabel i lebih kecil dari variabel n, selama nilai variabel i belum mencapai batas maka nilai variabel akan bertambah 1 poin di setiap perulangannya. printf("Input Data Mahasiswa Ke-%d\n",i+1); akan mencetak kalimat tersebut beserta dengan nilai desimal yang ada pada variabel i.




Listing di atas merupakan inputan untuk variabel nama, npm, dan kelas. Setiap inputan akan dibaca oleh %s dalam bentuk tipe data string lalu inputan tersebut akan tersimpan di dalam variabel nama, lalu variabel npm, serta variabel kelas.




Listing di atas merupakan inputan untuk variabel UTS dan UAS. Terdapat juga proses perhitungan dari variabel total terhadap variabel UTS dan variabel UAS. Di sini setiap inputan akan dibaca oleh %d dalam bentuk tipe data desimal lalu inputannya akan disimpan ke dalam variabel UTS dan UAS.
Penginputan-penginputan data record variabel pmhs ini akan berlangsung selama batas perulangan variabel i mencapai kurang dari 1 poin nilai variabel n.




Terdapat fungsi getch yang berguna untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar. Listing di atas ini merupakan pencetakan dari data record pmhs yang telah diinput sebelumnya. Clrscr() akan mengkosongkan kembali layar yang telah diisi oleh permintaan inputan data sebelumnya. Dengan menggunakan perulangan for (i=0; i<n; i++) ini data yang telah diinput sebelumnya akan dicetak secara berurutan sesuai dengan urutan perulangan for variabel i. gotoxy(2, i+6); printf("%d.",i+1); ini berguna untuk mencetak No., nomernya ini akan di cetak dengan koordinat x=2 (kolom) dan y=nilai variabel i + 6 (baris), dan %d membaca nilai desimal variabel i, nilai variabel i yang dicetak + 1 poin. gotoxy(7, i+6); printf("%s",pmhs[i].nama); ini berguna untuk mencetak Nama, namanya ini akan di cetak dengan koordinat x=7 (kolom) dan y=nilai variabel i + 6 (baris), dan %s membaca nilai yang ada di variabel nama. gotoxy(22, i+6); printf("%s",pmhs[i].npm); ini berguna untuk mencetak NPM, npmnya ini akan di cetak dengan koordinat x=22 (kolom) dan y=nilai variabel i + 6 (baris), dan %s membaca nilai yang ada di variabel npm. gotoxy(33, i+6); printf("%s",pmhs[i].kelas); ini berguna untuk mencetak Kelas, kelasnya ini akan di cetak dengan koordinat x=33 (kolom) dan y=nilai variabel i + 6 (baris), dan %s membaca nilai yang ada di variabel kelas. gotoxy(45, i+6); printf("%d\n",pmhs[i].UTS); ini berguna untuk mencetak nilai UTS, nilai UTSnya ini akan di cetak dengan koordinat x=45 (kolom) dan y=nilai variabel i + 6 (baris), dan %d membaca nilai yang ada di variabel UTS. gotoxy(51, i+6); printf("%d\n",pmhs[i].UAS); ini berguna untuk mencetak nilai UAS, nilai UASnya ini akan di cetak dengan koordinat x=51 (kolom) dan y=nilai variabel i + 6 (baris), dan %d membaca nilai yang ada di variabel UAS. gotoxy(57,i+6); printf("%d\n",pmhs[i].total); ini berguna untuk mencetak nilai total, nilai totalnya ini akan di cetak dengan koordinat x=57 (kolom) dan y=nilai variabel i + 6 (baris), dan %d membaca nilai yang ada di variabel total.


OUTPUT PROGRAM

Saat penginputan data




Saat pencetak data keseluruhan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...