Kamis, 11 Januari 2018

Program Double Linked List bahasa C

Listing


LOGIKA PROGRAM




Listing di atas akan membuat linked list bernama node yang bertipe data record ,karena linked list yang akan dibuat adalah double linked list , maka dibuat 2 pointer yaitu next dan previous.




Linked list node dipointer variabel simpul. Variabel simpul baru belum memiliki head(head=NULL) dan belum memiliki tail(tail=NULL). Variabel data bertipe data integer.

Method input berguna untuk menginput elemen dari linked listnya.  Variabel baru merupakan pointer dari linked list node. baru->info = data artinya variabel baru yang merupakan pointer linked list node akan menyimpan data yang diinput pada variabel data. baru->next = NULL artinya elemen linked list yang selanjutnya masih bernilai kosong. baru->previous = NULL artinya elemen linked list yang sebelumnya masih bernilai kosong. Jika head masih bernilai NULL maka elemen yang baru diinputkan akan menjadi head baru dan tail baru. Jika tidak nilai yang diinputkan akan menjadi head dan tail berikutnya.




Method cetak berguna untuk mencetak linked list yang sebelumnya telah diinputkan elemen-elemennya oleh pengguna. Disaat variabel temp dimulai dari head maka program akan melakukan perulangan untuk mencetak linked list dari head sampai dengan tail. Disaat variabel temp bernilai tail maka program akan melakukan perulangan untuk mencetak linked list dari tail sampai dengan tail.



Method main merupakan method utama dari program ini. Pertama program akan menghapus semua tampilan yang ada(clrscr()). Lalu terjadi perulangan selama melakukan penginputan data dengan syarat perulangan variabel jawab tidak sama dengan 2. Selama perulangan berlangsung program akan memanggil method input, method cetak. Saat pengguna menginput nilai 2 maka program akan berhenti.





OUTPUT PROGRAM




Saat pertama kali program berjalan



Saat inputan selanjutnya diinput




Double linked list yang banyak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program SORTING DAN SEARCHING DATA Bahasa C

LISTING PROGRAM LOGIKA PROGRAM    #include <stdio.h> adalah penyisipan file standard input output header untuk ...